7 Manfaat Permainan Petak Umpet Bagi Tumbuh Kembang Anak

Avatar of PortalMadura.Com
7 Manfaat Permainan Petak Umpet Bagi Tumbuh Kembang Anak
Permainan Petak Umpet Bagi Tumbuh Kembang Anak (foto: google.com)

PortalMadura.Com – Banyak tidak menyadari tentang Manfaat Permainan Petak Umpet padahal dalam dunia   dimana pendidikan masih banyak didapatkan melalui permainan. Banyak permainan anak-anak yang bisa memberikan manfaat bagi kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi.

Salah satu permainan yang masih menjadi favorit anak-anak dari berbagai daerah yaitu permainan petak umpet.

Selain menyenangkan, ternyata permainan ini juga bisa memberikan manfaat bagi anak-anak. Berikut kami informasikan 8 manfaat permainan petak umpet untuk pertumbuhan anak antara lain:

7 Manfaat Permainan Petak Umpet Bagi Tumbuh Kembang Anak

Anak bisa belajar bersosialisasi

Bersosialisasi tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, anak kecil pun sudah harus melakukan hal tersebut untuk membiasakannya sampai ia dewasa. Permainan ini dilakukan dengan cara bersama-sama tanpa memandang ras atau latar belakang keluarga. Semua anak-anak akan terlibat aktif dalam permainan tersebut.

Belajar berhitung

Permainan ini tidak hanya baik bagi pertumbuhan fisik anak-anak, tetapi juga bagi perkembangan kecerdasan anak. Permainan petak umpet mengajarkan anak-anak berlatih menghitung. Anak-anak yang bermain dibagi menjadi 2 peran yaitu berperan sebagai pencari dan yang akan dicari.

Saat anak mendapatkan kesempatan menjadi pencari, tentu dia akan menyebutkan hitungan untuk memberikan kesempatan kepada yang bersembunyi.

Membuat anak menjadi kreatif

Permainan ini akan memberikan pelajaran bagi anak untuk bisa mengasah otaknya dimana anak harus lebih kreatif mendapatkan tempat persembunyian yang berbeda dengan teman lainnya. Pada kondisi ini anak akan dituntut untuk berfikir cepat agar bisa menemukan tempat yang kira-kira akan sulit ditemukan oleh sang ucing (pencari).

Anak menjadi lebih aktif, salah satu Manfaat Permainan Petak Umpet

Manfaat Permainan petak umpet bisa membantu anak untuk menjadi anak yang lebih aktif. Anak yang aktif bergerak akan mengalami perkembangan yang signifikan dari pada anak yang cuma banyak diam. Dalam permainan ini, anak akan berlari dan bersembunyi sehingga secara tidak langsung anak sudah melakukan olahraga.

Daripada hanya bermain game atau menonton televisi, lebih baik anak diarahkan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Melatih anak patuh pada aturan

Untuk melatih anak agar bisa taat pada berbagai aturan, baik aturan dari lingkungan terkecil seperti keluarga, aturan sekolah, lingkungan masyarakat bahkan sampai lingkungan besar seperti aturan negara, anak harus dididik sejak dini.

Belajar mendisiplinkan anak tidak harus lewat pendidikan formal atau kata-kata dari Anda, tetapi bisa juga dilakukan lewat sebuah permainan. Dalam permainan ini anak-anak akan bermain bersama dengan mematuhi peraturan yang telah dibuat bersama. Setiap anak harus bisa mematuhi dan melaksanakan semua ketentuan yang telah dirumuskan dan disepakati. Jika aturan yang telah dibuat dipatuhi bersama, permainan akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Belajar berdiskusi akan suatu masalah

Permainan yang dilakukan secara bersama-sama tentu diperlukan kesepakatan bersama pula untuk melakukan hal tersebut. Dalam permainan ini semua pemain harus bisa membuat, menyetujui dan melaksanakan aturan dalam permainannya.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi perselisihan yang akan berujung pada pertengkaran, dari sini kita bisa menetahui manfaat permainan petak umpet untuk mengjari diskusi dalam memecahkan masalah.

Melatih sportivitas anak, adalah Manfaat Permainan Petak Umpet

Dalam permainan ini, pemain yang kalah dan menang harus bisa menerima dan melakukan tugasnya masing-masing. Anak-anak akan belajar bagaimana menerima kekalahan dengan tetap menikmati permainan tersebut.

Cara Bermain Petak Umpet

Cara bermain dan Manfaat Permainan Petak

Berikut ini Cara bermain petak umpet :

  1. Kumpulkan teman sebanyak-banyaknya.
  2. Semua anak Gambreng, sampai tinggal 2 anak, kemudian 2 anak yg tersisa harus suit sampai 3x, yang kalah jaga gawang.
  3. Yang jaga, tutup matanya, sambil menghitung sampai 10, atau berapapun angka yang ditetapkan.
  4. Teman-teman yang tidak berjaga, mencari tempat untuk ngumpet / sembunyi.
  5. Kalau sudah sampai hitungan ke-10, yang jaga langsung nyari teman-temannya yang bersembunyi, kalau ketemu satu, langsung lari cepat balapan dgn temannya itu sampai ke gawang kemudian pegang gawang sambil teriak ‘INGLO' tandanya satu orang sudah ketemu, tinggal cari yang lainnya.
  6. Kalau ternyata yangduluan sampai gawang adalah temannya yang ngumpet, permainan ronde satu langsung selesai, tapi yang jaga gawang dihukum harus jaga lagi pada permainan ronde berikutnya.

Itulah beberapa manfaat permainan petak umpet, walau terkesan sederhana namun manfaatnya akan terasa untuk tumbuh kembang anak. Terutama nantinya sangat bermanfaat dimasa depan anak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.