oleh

7 Manfaat Rutin Konsumsi Minyak Ikan Bagi Kecantikan Tubuh

PortalMadura.Com – Minyak ikan merupakan sumber makanan asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 ini adalah nutrisi penting yang berasal dari makanan. Minyak ini berasal dari ikan berlemak atau berminyak, seperti trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon, melansir dari laman Liputan6.com, Senin (10/8/2020).

Selain itu, minyak ikan mengandung dua omega-3 yang disebut Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic Acid (EPA). Minyak ikan biasa tersedia dalam bentuk suplemen cair, kapsul, atau pil.

Rutin mengonsumsi minyak ikan telah terbukti mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, mengobati trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi, dan memperbaiki gejala rheumatoid arthritis. Namun pada dasarnya, manfaat minyak ikan ini tidak hanya baik bagi kesehatan. Ternyata minyak jenis ini juga memiliki segudang khasiat untuk kecantikan.

Adapun khasiat minyak ikan untuk kecantikan ini bisa dimanfaatkan dengan cara mengonsumsinya secara oral maupun topikal.

Nah, berikut ini tujuh manfaat minyak ikan untuk kecantikan:

Lindungi Kulit dari Sinar UV

Konsumsi minyak ikan secara rutin dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Omega-3 dapat melindungi terhadap sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB).

Ada beberapa bukti bahwa omega-3 juga dapat mengurangi keparahan gejala akibat paparan sinar matahari. Ini ermasuk ruam kulit atau lepuh berisi cairan setelah paparan UV. Paparan sinar matahari juga merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit. Konsumsi minyak ikan yang mengandung omega-3 juga membantu mencegah risiko kanker kulit.

Bantu Kurangi Jerawat

Omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan, termasuk peradangan yang menyebabkan jerawat. Konsumsi minyak ikan dapat membantu mengontrol minyak di wajah, meningkatkan hidrasi kulit yang semuanya dapat mencegah dan mengatasi jerawat.

Sifat antioksidan dan anti inflamasi dalam minyak ikan membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Suplemen Omega-3 juga bisa digunakan untuk mengurangi efek samping isotretinoin, obat yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat parah.

Baca Juga: Ladies, Satu Kapsul Minyak Ikan Bisa Jadi Pelembap Wajah

Lindungi Kulit dari Gatal, Kering dan Kemerahan

Omega-3 dalam minyak ikan dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi pelindung kulit, menyegel kelembaban dan mencegah iritasi. Omega-3 akan membantu melempabkan kulit dan melawan kulit merah, kering, atau gatal yang disebabkan oleh kelainan kulit seperti dermatitis atopik dan psoriasis.

Asupan omega-3 yang tinggi juga dikaitkan dengan risiko rendah dermatitis atopik pada bayi dan peningkatan gejala psoriasis pada orang dewasa. Untuk efek ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Bantu Percepat Penyembuhan Luka

Konsumsi minyak ikan juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Sifat anti inflamasi dalam omega-3 lah yang berperan dalam fungsi ini. Asam lemak omega-3 dari minyak ikan dapat mencegah infeksi luka dan dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Minyak ikan juga bisa mencegah timbulnya jaringan parut yang dapat menyebabkan bekas luka. Ini dapat membantu menyingkirkan bekas jerawat.

Cegah Penuaan Dini

Omega-3 memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas memiliki kaitan kuat dengan proses penuaan dini. Sebuah studi tahun 2005 dalam Journal of Lipid Research menemukan bahwa EPA dapat membantu memblokir pelepasan enzim diinduksi UV yang mengikis kolagen, menyebabkan garis dan kulit kendur.

Suplemen omega-3 telah diteliti dapat memperlambat efek biologis dari penuaan. Kandungan asam lemak omega-3 dari suplemen ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Efek ini dapat mencegah keriput dan kendur pada kulit. Minyak ikan juga bisa melindungi tubuh dari efek berbahaya dari polusi udara sambil mengatasi efek dari paparan polusi.

Cegah Peradangan

Kapsul minyak ikan dapat menurunkan peradangan dalam darah dan jaringan. Minyak ikan juga meningkatkan kekebalan untuk melawan partikel asing yang mencoba mengacaukan tubuh. Karena EPA pada minyak ikan adalah antioksidan dan agen antiinflamasi, EPA dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperbaikinya.

Khususnya, asam lemak omega-3 dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan, seperti peradangan eikosanoid dan sitokin.

Sehatkan Rambut

elain omega-3, kapsul minyak ikan juga kaya protein. Nutrisi ini memperkuat helai rambut dari dalam, membuatnya lebih sehat, dan merangsang pertumbuhan sehatnya. Minyak ikan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut.

Konsumsi minyak ikan dapat memberikan protein dan nutrisi penting untuk folikel rambut dan kulit kepala. Minyak ikan mencegah peradangan folikel rambut, sebuah faktor yang secara langsung dapat berkontribusi pada kerontokan rambut. Minyak ikan juga meningkatkan sirkulasi di kulit kepala yang dapat memicu pertumbuhan rambut.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar