7 Penyakit yang Menyerang Karena Kebiasaan Gigit Kuku

Avatar of PortalMadura.com
7 Penyakit yang Menyerang Karena Kebiasaan Gigit Kuku
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan menggigit kuku sendiri kadang sulit dihentikan. Hal ini dilakukan anak-anak bahkan orang dewasa. Namun yang perlu diketahui, ternyata ada ampak buruk bagi kesehatan yang diakibatkan sering menggigit kuku.

Beberapa penyakit bisa timbul akibat kebiasaan menggigit kuku. Oleh karena itu, jika Anda terlanjur mempunyai kebiasaan ini, untuk secepatnya dihentikan. Agar tidak menderita beberapa penyakit ini. Penasaran ap saja?

Berikut ulasannya:

Infeksi
Infeksi pada kuku jari dapat terjadi apabila Anda sering menggigiti kuku, terutama dalam ukuran yang cukup besar. Pada saat kuku Anda tercabut, maka kulit halus di bawah kuku akan terlihat. Nah, bagian tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Infeksi yang paling sering terjadi pada daerah tersebut yaitu paronikia. Paronikia yaitu infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari tangan dan kaki. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

Gangguan pada kulit ini tentu saja bisa disembuhkan dengan menghentikan kebiasaan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa merendam tangan di dalam air hangat untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.

Kutil Periungual
Kutil jenis ini biasanya sering terjadi pada orang yang suka menggigit kuku. Pada umumnya, ukuran kutil yang kecil tidak akan menimbulkan rasa sakit sedikit pun.

Namun seiring dengan pertumbuhan kutil yang semakin membesar dan menyebar, rasa sakit pun bertambah. Selain sakit, penampilan di sekitar kuku akan terlihat buruk.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh HPV (human papillomavirus) yang bisa masuk melalui goresan atau luka. Maka dari itu kutil periungual dapat terjadi pada Anda yang sering menggigiti kuku.

Nah, karena menggigit kuku ternyata dapat berakibat yang cukup serius, seperti kutil, tentu ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, seperti menggunakan asam salisil atau injeksi antigen.

Herpetic Whitlow
Bahaya dari sering menggigit kuku lainnya yaitu terkena herpes tangan atau herpetic whitlow. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2.

Nah, virus ini kemudian masuk melalui kulit jari yang terbuka yang terkena cairan HSV. Biasanya terjadi jika Anda sedang menderita penyakit herpes oral.

Gejala yang paling sering muncul dari penyakit ini adalah demam dan rasa kebas pada jari yang terkena infeksi. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut karena sering menggigiti kuku, segera periksakan ke dokter Anda untuk perawatan lebih lanjut.

Masalah pada Gigi
Selain merusak kuku tangan Anda, kebiasaan ini juga membahayakan kesehatan gigi dan mulut Anda. Ternyata, posisi gigi Anda bisa bergeser dari tempatnya dan juga menyebabkan gigi atau email gigi pecah. Tidak hanya itu, gusi Anda juga berisiko tinggi terkena infeksi dan mengalami pembengkakan.

Peradangan pada Kuku
Bahaya menggigit kuku paling umum adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku Anda. Hal tersebut disebabkan oleh air liur Anda yang mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan molekul makanan.

Karena tujuannya untuk memperlancar pencernaan, air liur yang keluar saat menggigiti kuku membahayakan kulit jari Anda. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, bibir pecah-pecah, dan merusak kulit di sekitar kuku Anda.

Baca Juga: Anak Usia 5 Tahun Tewas Dilindas MPU

Pertumbuhan Kuku Tidak Normal
Selain berefek buruk pada kesehatan Anda, kebiasaan menggigit kuku juga membuat kuku Anda tumbuh ke dalam. Lapisan generatif pada kuku Anda yang disebut dengan ‘matriks’ adalah sebuah tempat yang menjadi fondasi ketika kuku Anda tumbuh.

Jika kebiasaan ini dilanjutkan, lapisan tersebut dapat rusak dan menyebabkan pertumbuhan ke dalam atau kelainan pada kuku.

Sakit Perut
Kebiasaan menggigiti kuku ini juga dapat membahayakan perut Anda, lho. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada di tangan Anda biasanya senang bersembunyi di balik kuku.

Oleh karena itu, ketika Anda menggigit kuku, bukanlah hal yang tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan Anda. Mulai dari flu hingga virus perut yang cukup serius dapat Anda alami apabila tidak menghentikan kebiasaan ini.

Nah, setelah mengetahui bahaya dari menggigit kuku sendiri dan dampaknya bagi kesehatan Anda, apakah Anda masih mau melanjutkan kebiasaan tersebut?

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.