7 Penyebab Puting Susu Terasa Gatal dan Kering

Avatar of PortalMadura.com
7 Penyebab Puting Susu Terasa Gatal dan Kering
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan dan kebersihan payudara merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan kaum hawa. Pasalnya, saat mengalami suatu gejala tertentu pada bagian payudara mungkin tidak sedikit yang khawatir dan bertanya-tanya apa penyebabnya.

Seperti pada payudara terasa . Sebagian besar wanita tentu akan bertanya apa penyebabnya. Mungkin saja hal itu disebabkan oleh perubahan hormon yang tidak menentu pada wanita atau karena tubuh yang kurang hidrasi.

Akan tetapi, jika puting semakin terasa gatal dan diikuti gejala lainnya hingga bertambah buruk, bisa jadi disebabkan oleh hal yang lebih mengkhawatirkan, seperti kanker payudara. Bila keadaan bertambah buruk, disarankan untuk segera menemui dokter atau ahli medis lainnya. Selain itu, ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan puting susu pada payudara terasa gatal dan kering.

Berikut ini uraiannya:

Cuaca Kering
Cuaca dingin dan kering dapat menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh termasuk di payudara dan puting. Hal itu biasanya membuat puting menjadi kering hingga mengelupas. Bila cuaca menjadi penyebabnya, disarankan untuk mandi dengan air hangat atau air dengan suhu ruangan di bawah 10 derajat. Kemudian, bagian payudara atau puting yang kering sebaiknya dioleskan dengan krim atau salep pelembap.

Eksim
Eksim dapat menyebabkan ruam berkerak pada puting dan bagian payudara lainnya. Bila penyebab gatal pada puting dikarenakan eksim, maka sebaiknya gunakan pelembap tebal dengan kandungan ceramide, yaitu bahan lilin yang dapat membantu menyembuhkan kulit. Krim steroid topikal seperti hidrokortison pun dapat membantu pembengkakan dan gatal. Bila semakin terasa gatal dan kering, sebaiknya segera konsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Sabun Mandi
Bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat menjadi penyebab ruam dan kering pada puting payudara bila tidak sesuai dengan kulit Anda. Sebaiknya, gunakan sabun dan pembersih yang hipoalergik, tidak beraroma, dan bebas pewarna. Selanjutnya, Anda akan mengetahui apakah sabun mandi yang menjadi penyebabnya atau tidak.

Pakaian Dalam atau Bra
Kesehatan payudara wanita dapat dipengaruhi oleh bahan elastis atau pewarna yang digunakan untuk membuat bra atau pakaian dalam. Dermatitis kontak dapat menyebabkan kemerahan dan gatal pada area kulit yang menyentuh kain, sehingga dapat menyebabkan puting terasa gatal.

Kehamilan
Perubahan hormon dan peregangan pada kulit yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan payudara dan puting membesar. Untuk membantu mengurangi rasa gatal pada puting dapat menggunakan minyak kelapa atau salep lanolin yang dioleskan pada puting.

Radiasi
Radiasi membunuh sel-sel kulit dan menyebabkan kekeringan, rasa terbakar, dan gatal saat kulit terkelupas. Minumlah banyak cairan dan gunakan pakaian longgar serta lembut. Selain itu, dokter Anda juga dapat meresepkan kortikosteroid untuk digosokkan pada kulit.

Tumor Jinak
Terkadang Tumor nonkanker di duktus payudara dapat menyebabkan puting menjadi gatal. Anda mungkin merasakan benjolan kecil atau melihat keluarnya cairan yang jelas atau berdarah dari puting. Untuk memastikannya, sebaiknya konsultasikan pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Membahas tentang tumor payudara, sebaiknya Anda tahu bagaimana cara membedakan antara tumor, kanker, dan kista payudara. Tujuannya agar Anda dapat menangani masalah tersebut dengan lebih tepat dan tidak menyepelekannya. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.