oleh

7 Perawatan yang Tepat untuk Rambut Tipis

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu orang yang mempunyai rambut tipis?. Tentunya, tipikal rambut yang demikian membutuhkan perawatan yang cukup ekstra agar dapat menghidupkan kembali rambut yang indah itu.

Bagi sebagian orang, rambut yang volumenya sedikit menjadi masalah yang cukup sulit. Selain bisa mengurangi rasa percaya diri dalam berpenampilan, kesalahan kecil saat merawatnya juga dapat merusak rambut.

Tapi Anda jangan dulu berkecil hati, karena ada beberapa cara yang dapat mengubah penampilan Anda dengan tips berikut ini, seperti dilansir Okezone.com dari laman Boldsky.

Gunakan Produk Ringan

Hal yang penting Anda ingat adalah jangan sampai menggunakan bahan kimia. Karena bahan kimia keras pada rambut yang sedikit atau tipis bukanlah pilihan yang bagus. Sampo dan kondisioner kuat yang mengandung banyak bahan kimia memang dapat membuat rambut Anda lembut dan halus, namun di balik itu bisa merusak rambut dalam jangka panjang.

Jadi, saatnya mengganti dengan produk ringan yang lembut di kulit kepala dan tidak terlalu merusak rambut tipis Anda itu.

Jangan Menyisir Saat Rambut Basah

Kebanyakan orang saat setelah keramas langsung menyisirnya. Tapi tahukah Anda, ternyata kebiasaan itu dapat merusak rambut Anda secara perlahan. Sebab, ketika rambut basah, akar rambut akan melemah sehingga membuat rambut muda patah.

Maka, tunggu sampai rambut benar-benar kering untuk menyisir sehingga menghindari rambut rontok. Pasalnya, mengurangi kebiasaan yang dapat merusak rambut sangat membantu menjaga kesehatan dan penampilan rambut.

Jangan Terlalu Sering Menyisir

Sering menyisir rambut bukan berarti menjadi salah satu cara merawatnya. Tetapi dengan menyisir justru akan menarik rambut dan menyebabkan rambut statis. Jadi, sisirlah rambut Anda tidak lebih dari dua kali sehari. Misalnya, pada pagi hari dan sebelum tidur saja.

Hindari Menguncir Rambut Kencang

Sebagian perempuan menyukai gaya rambut kuncir kuda yang tinggi dan ketat. Namun, gaya rambut yang kencang seperti ini akan memberikan tekanan pada akar rambut, melemahkan dan membuat rambut mudah rusak serta patah. Jadi, pilihlah gaya rambut yang tidak menarik akar rambut.

Coba Potongan Rambut Pendek

Seperti yang Anda ketahui, menata rambut pendek jauh lebih mudah. Memiliki rambut yang tipis mungkin membuat Anda berpikir bahwa potongan rambut pendek tidak akan cocok pada rambut Anda.

Tapi, bukanlah itu masalahnya. Ternyata, dengan memotong rambut akan menambah sedikit lapisan yang membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat.

Keringkan Rambut Secara Lembut

Menangani rambut yang tipis, harus sangat berhati-hati. Bahkan hal kecil seperti mengeringkan rambut dengan handuk perlu dilakukan secara lembut. Tidak hanya itu, menggosok rambut dengan kuat juga dapat menyebabkan rambut patah dan rontok.

Jadi, berhati-hatilah saat mengeringkan rambut. Peras sisa airnya, gunakan handuk untuk memeras sisa air. Selanjutnya biarkan rambut mengering dengan sendirinya.

Jangan Terlalu Sering Mencatok Rambut

Alat penata rambut yang panas dapat menghilangkan kelembapan rambut, membuat rambut kering, rusak dan kaku. Gunakan pelurus rambut, curly rambut, dan pengering rambut seminimal mungkin. Apabila Anda ingin menggunakannya, gunakan dahulu vitamin pelindung rambut untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar