oleh

7 Sumur Petilasan Pangeran Panji Laras

SAMPANG (PortalMadura) – Banyak lokasi wisata di kota Bahari Sampang, Madura, Jawa Timur yang perlu digarap maksimal oleh pemerintah daerah, sehingga bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang elok dan unik.

Salah satunya, yakni tujuh sumur petilasan Pangeran Panji Laras yang terletak di Desa Madegan, Kelurahan Polagen atau sekitar 2 km dari pusat kota Sampang.

Dirilis sampangkab.go.id disebutkan, bahwa tujuh sumur pertama kali diketemukan oleh seorang penduduk setempat bernama H.Ikhsan Mawardi.

Diceritakan, pada suatu malam tepatnya pada Bulan November 2009, Pada pukul 02.00 Wib, dia bertawasul (nyepi/semedi), dalam tawasulnya bertemu dengan sosok orang tua  berjubah putih dan berjenggot putih.

Dalam pertemuannya, diperintahkan oleh pria tua untuk segera menggali tujuh sumur dimaksud.

Pada bulan Desember 2009, tepatnya pada hari Kamis (malam jum’at kliwon), dia melakukan tawassul lagi untuk berdoa dan mencari petunjuk lagi tentang keberadaan sumur tersebut.

Dengan petunjuk yang diperoleh, pada bulan Januari 2010 dilakukan proses pencarian, diawali dengan acara Rokatan (slametan/kenduri), kemudian dilakukan dengan ritual penancapan lidi ditanah sedalam 35 cm.

Secara tidak masuk akal, lidi yang ditancapkan pada saat itu bergetar jika ditancapkan pada tanah yang terdapat lokasi sumurnya. Ritual penancapan lidi ini dilakukan berulang kali hingga diketemukan sampai tujuh lokasi sumur. Dari tujuh sumur tersebut masing masing mempunyai tuah dan khasiat.

1. Sumur Suci : Sumur ini merupakan bekas sumur tempat mengambil wudhu’ Panji Laras dan kerabatnya.

2. Sumur Pemandian Kuda : Sumur ini merupakan sumur yang mempunyai beberapa keistimewaan, antara lain ;

Ø Pada malam Rabu Kliwon, airnya berbau seperti kulit kuda.

Ø Mencitrakan rasa yang berbeda pada setiap orang yang mencicipi airnya.

Ø Pada malam Jum’at Kliwon airnya berwarna merah.

Ø Mempunyai kasiat memperkuat janin jika diusapkan pada perut ibu hamil tua dan mempermudah proses kelahiran.

3. Sumur Asah Tajih : Keistimewaan sumur ini adalah ;

Ø Tanahnya berbau harum

Ø Pada jaman dulu, para penjudi sering menggunakan air sumur ini untuk memandikan ayam sabungannya, karena menurut mitos yang ada, jika ayam sabungan dimandikan dengan air sumur ke tiga akan menjadi kuat.

4. Sumur Pemandian para kerabat panji : mempunyai keistimewaan ;

Ø mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal gatal dan linu

5. Sumur pertemuan tamu :

Ø sumur ini mempunyai sejarah pada jaman kerajaan Madura, Sampang merupakan tempat yang di khususkan untuk mandi para tamu kerajaan.

6. Sumur pemandian ayam :

Ø air sumur ini mempunyai khasiat mengobati penyakit hernia, kurang gizi dan polio.

7. Sumur taman :

Ø merupakan sumur bekas pemandian R.A Kumala Intan yang cantik jelita dan Panji Laras beserta keluarganya. Air sumur ini, dipercaya oleh masyarakat setempat bisa membuat awet muda, tubuh menjadi cantik, sebagai penolak sangkal mencari jodoh dan lokasi sumur ini terletak di dekat makam R.A Kumala Intan.(htn)

-
-

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.