oleh

8 Doa Terbaik yang Dianjurkan Oleh Rasulullah

PortalMadura.Com – Ada beragam cara yang dilakukan manusia dalam menghadapi permasalahan hidup di dunia. Mulai dari pergi ke dokter ketika sakit, bercerita masalah mereka ke orang-orang terdekat hingga ada yang memilih lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebagai orang yang beriman, berdoa dan meminta petunjuk atas masalah mereka kepada Allah SWT merupakan hal yang sangat dianjurkan. Sebab dengan berdoa dan mengingat Allah akan membuat hati-hati yang keras menjadi lunak dan sebaliknya siapa yang tidak melibatkan Allah dalam setiap hal yang mereka lakukan akan membuat hari mereka menjadi keras. Hal tersebut seperti yang disampaikan Rasulullah SAW dalam sabdanya,

“Jangan terlalu banyak bicara tanpa mengingat Allah. Sungguh berbicara berlebihan tanpa mengingat Allah mengeraskan hati. Dan sesungguhnya orang yang paling jauh dari Allah adalah yang paling keras hatinya.” (At-Tirmidzi)

Maka dari itu, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita, manakala kita sedih dan tengah dalam masalah, ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dilafalkan.

Berikut doa-doa terbaik yang bisa Anda lafalkan dalam menghadapi permasalahan.

Doa Terbaik untuk Kesehatan
“Allahumma ‘afini fi badani. Allahumma ‘afini fi sam’i. Allahumma ‘afini fi bashari.”

(Ya Allah sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah sehatkanlah penglihatanku.)

Doa Terbaik Untuk Memuliakan Allah
“Subhana Allah wa bihamdihi adada khalqihi wa rida nafsihi wa zinata arshihi wa midada kalimatihi.”

Doa Terbaik Sepanjang Masa
“Rabana atina fi dunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qina adhaba an-nar.”

(Ya Tuhan kami, berikan kami yang terbaik di kehidupan ini dan yang terbaik di kehidupan selanjutnya, dan lindungi kami dari hukuman Api Neraka.) (Al-Bukhari dan Muslim)

Doa Terbaik untuk Pengampunan
“Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa an abduk wa ana ala ahdika wa wa’dika ma istata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abou ‘laka bi ni’matika alaya, wa abou’u bi dhanbi, fa-ghfir li, fa innahu la yaghfiru dhunuba illa anta.”

(Wahai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada Tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.)

Baca Juga: Muslim Perlu Tahu, Inilah Doa Untuk Pria dan Wanita Agar Diberi Jodoh Terbaik

Doa Terbaik untuk Perlindungan
“Bismillahilladzi La Yadhurru Ma’asmihi Syai’un fil Ardhi wa Laa fis Sama’i wa Huwas Sami’ul ‘Alim.”

(Dengan nama Allah Yang bersama Nama-Nya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Medengar lagi maha Mengetahui.)

Doa Terbaik untuk Depresi
“La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu mina adhalimiin.”

(Tidak ada tuhan selain-Mu. Maha Suci Engkau. Sungguh, aku ini sudah berlaku zalim.)

Doa Terbaik untuk Ketenangan Hati
“La hawla wa la quwwata illa billah”

(Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.)

Doa Terbaik untuk Keluar dari Kesulitan Utang
“Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.”

(Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Quran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

Demikian beberapa doa terbaik yang bisa Anda lafalkan ketika menghadapi permasalahan, Wallahualam. Semoga bermanfaat.


Rewriter: Nanik Dwi Jayanti
Sumber: islampos.com

Komentar