8 Gaya Hidup Buruk yang Bikin Kualitas Kesehatan Menurun

Avatar of PortalMadura.com
8 Gaya Hidup Buruk yang Bikin Kualitas Kesehatan Menurun
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sesuatu yang dilakukan secara berulang akan menjadi suatu kebiasaan. Nah, terkadang tanpa kita sadari kebiasaan yang dianggap sepele seperti menahan pipis atau menggigit kuku bisa mengakibatkan kondisi kesehatan yag buruk lho.

Seiring waktu, kebiasaan-kebiasaaan yang dianggap wajar tersebut akan mengikis kualitas hidup Anda secara perlahan, tanpa disadari atau tidak. Bahkan, ada yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kronis.

Berikut beberapa yang membuat kualitas kesehatan Anda makin menurun.

Menahan Pipis
Ketika ingin buang air kecil, usahakan jangan ditahan-tahan. Sebab menahan pipis tak baik untuk kesehatan Anda. Sebab, ketika menahan pipis, alirannya menjadi stagnan dan memberi kesempatan pada bakteri untuk tumbuh di kandung kemih dan mungkin berpindah ke area ginjal Anda.

Menahan pipis dapat meningkatkan risiko kandung kemih, penyakit ginjal, bahkan infeksi prostat terutama jika memiliki kondisi urologis yang mendasarinya atau sedang hamil.

Mengunyah Permen Karet Terlalu Lama
Anda mungkin berpikir mengunyah permen karet mampu memberi napas segar atau membantu meredakan ketegangan. Tetapi mengunyah permen karet terlalu lama atau terlalu sering bisa membuat rahang menjadi tertekan dan tegang.

Jika menggunakan rahang terlalu sering, Anda bisa akan terkena radang sendi dan rasa sakit yang hebat akan terasa di area tersebut. Ditambah, menelan terlalu banyak udara akan menyebabkan sakit perut.

Menggigit Kuku
Jika merasa gugup, kita sering tidak sadar menggigit jari. Padahal, kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada kuku dan infeksi kulit di sekitarnya yang disebut paronychia. Selain itu, menggigiti kuku dapat menyebabkan virus masuk ke dalam tubuh yang mengakibatkan infeksi saluran pernapasan.

Lupa Menyikat Gigi
Melewatkan menyikat gigi merupakan risiko terbesar kerusakan gigi. Pertumbuhan gigi yang buruk adalah faktor risiko untuk banyak hal, termasuk infeksi berat dan malnutrisi terutama pada orang tua, dan juga penyakit kardiovaskular. Terlalu sering tidak menyikat gigi berkontribusi pada gigi berlubang dan radang gusi.

Duduk Terlalu Lama
Duduk terlalu lama mengarah ke semua risiko yang terkait dengan gaya hidup tidak aktif termasuk kenaikan berat badan, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Terjadi peningkatan tekanan darah atau sensasi mati rasa khususnya saat duduk bersila.

Baca Juga : Waspada! Ini 7 Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Bisa Perpendek Usia Anda Secara Perlahan

Membungkuk
Baik ketika duduk atau berdiri, membungkuk memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Membungkuk dapat meningkatkan risiko pecahnya cakram atau herniasi, yang mengakibatkan rasa sakit dan saraf terjepit. Postur yang buruk saat duduk dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut dan masalah pencernaan, termasuk sembelit.

Membawa Tas yang Berat di Satu Bahu
Membawa tas yang berat di satu sisi dapat mengganggu sudut leher dan menyebabkan tekanan pada saraf di antara tulang dan sensasi pegal di tangan. Jika hal tersebut terjadi, Anda akan mengalami mati rasa, kesemutan, bahkan rasa sakit di bahu dan lengan.

The American Chiropractic Association mengatakan berat tas tidak lebih dari sepuluh persen dari berat badan.

Menatap Komputer Sepanjang Hari
Menatap layar komputer untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan masalah visual, termasuk ketegangan mata dan kerusakan retina. Oleh karena itu, disarankan untuk mengikuti pola 20-20-20, yaitu setiap 20 menit menatap layar, istirahatkan mata selama 20 detik dan menatap sejauh 20 meter.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.