8 Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Rewriter:Alfatihiyatul FatiEditor: Firman Ghazali A.
8 Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya
8 Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

PortralMadura.com- Ikan nila sering sekali dijumpai di berbagai rumah makan dan mudah diolah sendiri, olahan ikan nila sendiri pada saat ini telah menjadi favorit banyak orang. Selain mempunyai rasa yang enak, ikan nila juga mempunyai banyak manfaat yang bisa di dapatkan saat dikonsumsi.

Ikan nila juga mempunyai banyak jenis, termasuk ikan nila hitam dan ikan nila merah. Apapun jenis dari ikan satu ini tetap merupakan sumber protein serta asam folat yang baik untuk tubuh.

Manfaat ikan nila ini tentu bersumber dari nutrisi yang terkandung didalamnya. Dalam 100 g ikan nila, terdapat sekitar 26 g protein dan hanya 128 kalori.

selain itu, ikan nila juga merupakan salah satu sumber vitamin dan juga mineral yang baik bagi tubuh. Tak hanya vitamin, ikan nila juga mengandung niacin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan juga kalium.

8 Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesteterol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu timbunan lemak dalam pembuluh darah.

Ikan nila memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi yang dapat mengurangi trigliserida (sejenis lemak yang ditemukan dalam darah). Sehingga, tak heran jika ikan nila ini sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Sumber protein yang sehat

Kandungan protein yang cukup tinggi pada ikan nila, dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga berperan dalam berbagai fungsi di tubuh. Kandungan protein juga dapat membantu penyembuhan jaringan yang rusak, dan mempunyai peran dalam pencernaan, serta menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

3. Baik untuk tulang

Ikan nila juga mempnyai kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Selain untuk kesehatan tulang juga penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan otot, termasuk otot jantung.

4. Baik untuk anda yang sedang dalam proses diet

Tinggi kandungan protein yang terdapat di ikan ini merupakan salah satu alternatif makanan sehat untuk anda yang sedang dalam proses diet. Hal tersebut terjadi karena protein yang dibutuhkan oleh tubuh sudah terpenuhi oleh ikan tawar ini.

5. Mencegah penuanaan dini

Kandungan selenium yang terdapat ada ikan nila merupakan salah satu jenis antioksidan, yang dipercaya dapat menstimulasi vitamin E dan C dua vitamin tersebut merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

Sebagai antioksdan, selenium juga dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas berlebih. Sehingga, tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput, kendur, dan bercak hitam di wajah juga dapat dihindari.

6. Menyehatkan otak

Asam lemak yang ada pada ikan nila, dapat meningkatkan fungsi otak serat syaraf. Selain itu, kalium yang dikandung dalam ikan nila ini juga dapat meningkatkan proses oksigenasi ke otak, yang sangat penting untuk menjaga fungsi otak.

7. Bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Tingginya kandungan protein hewani pada ikan nila, membuatnya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi di tubuh. Sebab, Protein merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan organ, membran, sel, dan juga otot.

8. Membantu cegah kanker

Kandungan selenium yang terdapat pada ikan nial ini tidak hanya mencegah penuaan dini, sebagai antioksidan komponen ini dapat membantu mencegah kerusakb sel yang bisa memicu kanker.

Lalu, untuk cara pengolahannya agar ikan nila ini tidak kehilangan nutrinya terdpat tiga cara, yakni:

  • Dengan cara dikukus
  • Dengan cara di goreng, dan cara yang terakhir yakni
  • Dengan cara dipanggang

Melihat banyak sekali manfaat yang terdapat pda ikan nila, jangan ragu lagi untuk memasukkan ikan ini ke menu harian anda. Namun, Pastikan untuk memilih ikan yang segar dan tidak terkontaminasi oleh kotoran apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.