Waspada! Ini 5 Jenis Makanan Sehat Tapi Sering Salah Diolah

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini 5 Jenis Makanan Sehat Tapi Sering Salah Diolah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengonsumsi makanan sehat tidak cukup hanya dengan bahan makanan yang segar dan organik, namun cara memasaknya pun juga akan mempengaruhi. Sebab, proses pengolahan yang salah akan membuat nutrisi makanan menjadi hilang.

Terkadang, proses memasak yang salah itu seperti merebus terlalu lama, menggoreng, atau membakar. Sehingga, makanan ini bukan bermanfaat bagi tubuh Anda, tapi malah mengundang penyakit.

Berikut lima makanan sehat yang rentan diolah dengan cara yang salah:

Ubi
Makanan ini mengandung tinggi vitamin A dan antioksidan serta antiinflamasi, ubi termasuk makanan sehat. Digoreng bukanlah cara mengolah ubi yang sehat karena penggorengan menambah banyak lemak dan kalori. Namun, ubi lebih sehat jika direbus dan tidak ditambahi butter atau gula.

Kacang-kacangan
Jenis makanan ini sangat kaya akan protein dan serat. Selain itu, rendah kalori dan tidak mahal. Pilihlah kacang yang segar, bukan kacang dalam kemasan kalengan. Kacang kalengan ini mengandung banyak garam.

Buah Kering
Ketika lapar dan butuh mengunyah sesuatu yang manis, buah kering adalah pilihan sehat. Pilihlah buah kering seperti kismis yang tidak lagi dilapisi gula.

Apel
Buah apel adalah camilan sehat karena manis dan penuh vitamin serta serat. Vitamin dan mineral terbanyak pada apel justru ada pada kulitnya. Agar aman makan apel bersama kulitnya, pilihlah apel organik.

Brokoli
Merebus adalah cara masak tradisional dan sederhana untuk menikmati brokoli. Namun, perebusan itu bakal menghilangkan sebagian gizi di dalamnya. Supaya sehat, kukus atau tumis sebentar brokoli, agar sayuran ini sedikit melunak batangnya. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.