oleh

8 Manfaat Konsumsi Santan bagi Kesehatan Tanpa Anda Sadari

PortalMadura.Com – Salah satu bahan yang banyak digunakan pada makanan serta minuman adalah santan. Banyak kita temui keberadaan santan ini, baik pada minuman dingin ataupun minuman panas. Maraknya penggunaan santan ini dilatarbelakangi dengan banyaknya pohon kelapa yang tunggu.

Tanpa Anda sadari, mengkonsumsi buah kelapa ini telah diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan pada tubuh. Santan biasanya diproduksi melalui daging kelapa yang sudah tua dengan cara memerasnya. Santan ini cenderung menjadi penyedap dan pengubah rasa bagi makanan dan minuman.

Seperti yang dilansir merdeka.com dikutip dari Boldsky, santan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi serta sangat cocok bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Berikut ini sejumlah dampak kesehatan yang bisa Anda peroleh dari konsumsi santan.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Santan bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan medium-chain triglycerides (MCTs) di dalamnya. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada European Journal of Clinical Nutrition diketahui bahwa seorang pria kelebihan berat badan yang mengonsumsi makanan dengan kandungan MCTs ini, mereka memiliki lebih sedikit selera makan dibanding sebelumnya sehingga membantu menurunkan berat badan.

Memperkuat Kekebalan Tubuh
Kelapa yang mengandung asam laurik yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini memiliki sifat antimikrobial dan anti peradangan yang membantu melindungi tubuh dari sejumlah infeksi bakteri.

Menurunkan Risiko Tukak Lambung
Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Phytotherapy Research, diketahui bahwa air kelapa memiliki kandungan antiulserogenik. Kandungan ini memiliki manfaat menurunkan pertumbuhan tukak lambung dan mengecilkan ukurannya.

Loading...

Menunjang Kesehatan Jantung
Manfaat lain dari santan adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Metabolism menyebut bahwa mengonsumsi santan bisa menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik hingga 18 persen.

Menurunkan Tekanan Darah
Keberadaan mineral seperti potassium, sodium, kalsium, dan zat besi pada santan bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap santai dan bebas dari penyumbatan.

Mencegah Melonjaknya Gula Darah
Kandungan yang ada pada santan bisa membantu memperlambat naiknya gula darah pada pembuluh darah. Hal ini mencegah meningkatnya gula darah sekaligus memperkecil potensi munculnya diabetes.

Baca Juga : Pemilik Lahan Hancurkan Pembangunan Pasar Tradisional Batuan, Sumenep

Mencegah Peradangan
Kandungan anti peradangan yang terdapat pada asam laurik di santan bisa membantu menurunkan peradangan. Hal ini berhubungan dengan kondisi seperti radang sendi serta nyeri sendi.

Membantu Pencernaan
Santan bisa jadi pilihan yang sehat dan membantu pencernaan. Santan mampu meningkatkan pertumbuhan mikrobiota usus dan sekaligus meningkatkan kesehatan usus.

Walau memiliki sejumlah manfaat sehat, namun jangan berlebihan dalam mengonsumsi santan. Konsumsinya secara berlebihan justru bisa timbulkan dampak negatif pada Anda.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com
Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PortalMadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE