oleh

8 Manfaat Wortel yang Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata

PortalMadura.Com – Wortel diketahui mengandung beta-karoten yang saat dikonsumsi akan diubah tubuh menjadi vitamin A dalam bentuk retinol. Retinol ini bisa ditemukan dalam sel-sel mata yang disebut sel batang.

Sel inilah yang akan mengonversikan cahaya menjadi gambar dalam otak sehingga Anda bisa melihat dalam cahaya lemah. Dulu, orangtua sering memberi tahu kepada buah hatinya soal manfaat hebat wortel untuk kesehatan mata. Sesungguhnya, manfaat wortel lebih dari itu untuk kesehatan.

Sayuran yang mudah dipadupadankan dengan yang lain ini juga bisa membantu menjaga berat badan hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Seperti berikut ini manfaat makan wortel, yuk simak.

Kesehatan Mata
Apa yang orangtua Anda sampaikan saat masih kecil memang benar. Satu buah wortel memberikan 200 persen vitamin A dari target yang dibutuhkan per hari. Kandungan nutrisi penting tersebut berperan sebagai sel antioksidan pelindung yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kondisi rabun senja. Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam wortel juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Kedua kandungan alami yang ada di wortel tersebut melindungi retina dan lensa mata.

Penyeimbang Gula Darah
Serat di dalam wortel telah terbukti dapat mengatur tingkat gula darah dan insulin serta membantu kesehatan sistem pencernaan. Wortel mentah maupun yang telah dimasak juga memiliki indeks glikemik rendah yang membantu menjadi sumber energi.

Menjaga Berat Badan
Wortel tak hanya memiliki kandungan tinggi serat tetapi juga air. Bahkan 88 persen kandungannya merupakan air. Kombinasi ini dapat mempercepat rasa kenyang. Selain itu, wortel juga rendah kalori. Satu cangkir wortel potong hanya mengandung 52 kalori. Penelitian juga mengatakan bahwa serat dalam wortel dapat mengurangi lemak perut.

Baca Juga: 8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura

Menurunkan Risiko Kanker
Antioksidan dalam wortel telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa kanker termasuk kanker paru-paru, prostat dan leukimia. Seseorang dengan asupan tinggi antioksidan karotenoid memiliki risiko kanker paru-paru 21 persen lebih rendah.

Penyeimbang Tekanan Darah
Kalium dalam wortel memiliki peran penting dalam mengatur tekanan darah. Kandungan tersebut menyeimbangkan tingkat sodium dan membantu membersihkan sisa sodium serta cairan dari tubuh. Kedua hal tersebut dapat memberikan tekanan pada jantung. Wortel juga pilihan tepat untuk menghilangkan kembung karena terlalu banyak konsumsi makanan asin.

Penurunan Risiko Penyakit Jantung
Sebuah studi dari Belanda melihat bagaimana pengaruh warna buah dan sayuran dalam melindungi jantung. Hasilnya menemukan bahwa setiap 25 gram peningkatan konsumsi asupan sayur buah berwarna orange menurunkan risiko penyakit jantung. Wortel sendiri menurunkan 32 persen risiko penyakit jantung.

Menjaga Imunitas
Kandungan vitamin C dalam wortel berperan penting dalam menjaga imun. Kandungan tersebut juga memiliki peran dalam pembentukan dan melindungi membran mukosa yang berfungsi untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh.

Nutrisi Tambahan
Kandungan natural wortel terbukti sebagai anti inflamasi yang mendukung kesehatan otak dan liver. Wortel juga memiliki sedikit kandungan vitamin K dan B yang baik untuk memproduksi energi. Wortel direkomendasikan untuk dikonsumsi mentah maupun dimasak.

Wortel mentah yang sudah dicuci bersih kemudian dimakan memiliki indeks glikemik rendah. Namun, wortel yang dimasak juga baik karena membantu penyerapan antioksidan.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar