oleh

8 Pilihan Menu Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Langsing

PortalMadura.Com – Ketika puasa jam makan siang memang dikurangi, yang biasanya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari yakni pada saat sahur dan buka puasa. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat tubuh kita tetap langsing atau semakin langsing bukan? Ya itu semua bergantung dengan menu makan yang kita konsumsi, terutama pada saat buka puasa. Pada saat buka puasa, tak jarang orang menyiapkan buka puasa dengan berbagai jenis olahan. Nah, hal tersebut patut diwaspadai bagi yang sedang menjalani pogram diet.

Tak usah khawatir, dengan pilihan menu buka pusa yang tepat maka bukan tidak mungkin berat badan akan turun dan tentu tubuh Anda juga akan semakin sehat. Berikut adalah menu pilihan yang bisa Anda jadikan rekomendasi untuk buka puasa agar tubuh tetap langsing meski di bulan puasa.

Kombinasi Karbo Kompleks & Air Putih
Saat buka puasa, awali dengan minum air putih. Kemudian usahakan makan takjil dengan karbohidrat kompleks seperti kacang hijau, kacang merah, atau gandum yang diolah menjadi roti gandum. Dengan menu ini maka Anda bisa kenyang dan tidak kalap dengan makan malam yang terlalu banyak.

Lauk Ikan
Ikan adalah protein hewani yang baik untuk Anda yang sedang diet. Tahukah Anda, ikan juga bisa diolah menjadi menu buka puasa yang enak. Ikan terbaik untuk diet adalah salmon dan tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung omega 3 dan mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Namun, agar kandungan gizinya tak hilang, cara terbaik mengolahnya adalah dipanggang atau kukus. Selain salmon, Anda bisa pilih ikan gurame yang lebih terjangkau.

Daging Merah
Daging merah seperti daging sapi tidak akan membuat gemuk jika tidak makan berlebihan dan tidak menambah berat badan jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Sebaiknya, pilihlah daging sapi yang tanpa lemak seperti tenderloin. Daging sapi baik diolah dengan cara dipanggang seperti steak, bumbu daging tersebut dengan air lemon, merica dan garam. Makanan Indonesia dengan daging merah yang cukup sehat seperti rawon atau soto tanpa santan. Buka puasa pasti menjadi lebih nikmat.

Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah
Mulai sekarang gantilah nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah mengadung serat tinggi dan tidak akan menaikkan kadar gula darah secara cepat. Selain itu, menu sahur dengan nasi merah mampu menjaga kenyang lebih lama. Nasi merah semakin nikmat dikombinasikan dengan lauk sehat seperti protein dan sayur.

Hindari Makanan yang Digoreng
Makanan yang digoreng mengandung lemak yang sangat tinggi, sehingga tidak direkomendasikan. Terlebih lagi, orang terbiasa berbuka puasa dengan gorengan, hal tersebut justru bisa membuat program diet Anda gagal. Selain itu, kandungan lemak dapat membuat Anda cepat mengantuk.

Konsumsi Serat
Serat bisa didapatkan dari buah dan sayur. Selalu masukkan sayur dan buah satu porsi sebelum menyantap nasi. Serat sangat baik untuk pencernaan dan menghindari risiko sembelit. Untuk takjil, Anda juga bisa membuat salad buah yang menyehatkan.

Hindari Makanan & Minuman Bersantan
Menu buka puasa untuk diet yang perlu dihindari adalah yang mengandung santan, seperti kolak pisang. Selain itu, makanan yang bersantan seperti opor ayam juga harus dihindari karena bisa merusak program diet. Santan mengandung lemak dan mampu menaikkan kolesterol sehingga menyebabkan tekanan darah dan kadar gula darah meningkat.

Hindari Fast Food
Sebaiknya hindari buka puasa di restoran cepat saji. Makanan fast food mengandung lemak dan natrium yang sangat tinggi, sehingga mampu meningkatkan berat badan secara tepat. Namun, sesekali tak masalah namun dengan porsi kecil.

Bila Anda sedang berbuka puasa di luar rumah, seperti mall atau restoran. Coba pilih tempat makan yang sehat seperti sop buah atau salad.

Itulah menu buka puasa yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berbuka nanti. Semoga Bermanfaat. (liputan6.com/Nanik)