oleh

82 Balon Kades Sampang Akan Jalani Tes Urine

PortalMadura.Com, Sampang – Sedikitnya 82 bakal calon (balon) kepala desa (Kades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II bakal mengikuti tes urine, Rabu (22/3/2017).

Pelaksana harian (plh) Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BLH) Sampang, Rudi Setiadi mengatakan, masing-masing balon diwajibkan mengikuti tes urine.

Hal tersebut untuk memastikan apakah yang bersangkutan terlibat dan mengkonsumsi narkoba atau tidak. “Jika ada yang positif narkoba maka kita pastikan yang bersangkutan tidak akan diloloskan dalam pendaftaran,” ujarnya, Senin (20/3/2017).

Pihaknya menjelaskan, selain narkoba, balon kepala desa harus bersih dari amfetamin, metamfetamin, morfin, ganja, barbiturat, dan kokain.

“Semua parameter itu kita tes, ini supaya nantinya benar-benar memperoleh pemimpin bersih dari narkoba,” tandasnya.

Tes urine tersebut nantinya akan ditangani langsung oleh BNNP Provinsi Jawa¬† Timur (Jatim). “Hal itu untuk memastikan keabsahan hasil dari tes urine,” ucapnya.

Amanat Perbup nomor 45 tahun 2016, tes narkoba bagi balon harus mendapatkan rekomendasi dari BNK. “BNK bekejsama dengan BNP Jatim. Jadi Tidak dilaksankan di RSUD, karena sudah amanat Perbub,” pungkasnya.(Lora/har)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE