oleh

9 Bahaya Konsumsi Gula Berlebih bagi kesehatan

PortalMadura.com– Banyak mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti Diabetes, kanker, masalah jantung, dan obesitas.

Untuk itu anda harus dapat mengetahui kadar gula yang tepat untuk tubuh anda, sehingga anda tidak mengalami gangguan kesehatan.

Lalu apa saja manfaat jelek konsumsi gula berlebihan terhadap kesehatan?.

Berikut ini efek negatif konsumi gula terhadap kesehatan anda:

1. Penyakit kanker

Gula memantik produksi sel-sel kanker dalam tubuh. Para peneliti menemukan bahwa β-catenin yang terdapat dalam gula dapat mempengaruhi sel-sel tubuh membentuk sel kanker semakin cepat.

2. Kegemukan

Konsumsi berlebihan fruktosa dapat menyebabkan obesitas pada orang dewasa. Namun, obesitas tidak hanyamenyerang orang dewasa, anak-anak juga berpotensi serupa. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menyantap gula karena gula akan disimpan dalam perut sehingga menghasilkan sel-sel lemak visceral yang membuat Anda gemuk.

3. Diabetes

Anda perlu mengetahui dengan detail bahwa penyebab utama dari penyakit diabetes itu sebenarnya karena asupan gula yang dikonsumsi penderita. Memakan makanan yang mengandung gula secara berlebihan dan rutin setiap hari bisa membuat gula dalam darah Anda meningkat drastis. Hasilnya, diabetes akan Anda sandang ke depannya.

4. Menyebabkan candu
Tidak hanya kafein maupun alkohol yang bisa menyebabkan kecanduan. Konsumsi gula secara terus menerus juga bisa membuat Anda menjadi seorang pecandu. Bahkan, pada beebrapa kasus, gula dikaitkan dengan kokain dan ganja. Jadi waspadalah dalam mengonsumsi gula mulai hari ini.

5. Memori berkurang

Sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa memakan gula secara berlebihan dikaitkan dengan berkurangnya memori secara keseluruhan. Bahkan, gula pun merusak kesehatan kognitif secara perlahan.

6. Menyembunyikan virus HIV

Apakah Anda tahu bahwa gula memiliki kemampuan menyembunyikan virus HIV? Apabila Anda sering makan gula, maka Anda akan sulit mendeteksi keberadaan virus tersebut di dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa virus HIV akan tertutupi molekul-molekul gula.

7. Risiko gagal jantung

Pada 2013, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak kadar gula dalam tubuh dapat memengaruhi mekanisme pemompaan jantung seseorang dan meningkatkan risiko gagal jantung. Jika tidak mau menyandang risiko terserang penyakit jantung, Anda harus mengurangi asupan gula.

8. Merusak organ hati

Ketika mengonsumsi gula dan alkohol yang dicampur secara bersamaan, Maka Anda cenderung meningkatkan efek buruk pada kesehatan hati. Campuran dua komponen itu adalah racun bagi organ hati dan dapat merusaknya.

9. Gula tinggi

Anda pasti sudah sering mendengar istilah tentang “gula tinggi.” Ini merupakan masalah kesehatan umum yang menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Gula tinggi sangat buruk bagi otak dan secara bersamaan dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. (metrotvnews.com/fir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.