oleh

9 Faktor yang Bisa Bangun Kepercayaan dalam Hubungan, No 2 Paling Penting

PortalMadura.Com – Saat menjalin suatu hubungan, kepercayaan dari masing-masing pasangan menjadi salah satu kunci. Namun sebelum membangun kepercayaan, setiap pasangan harus tahu apa arti sebenarnya kepercayaan itu.

Hal ini bertujuan untuk menentukan seberapa dalam Anda akan memberikan hidup Anda bersama pasangan dalam kepercayaan. Selain itu, Anda harus mengetahui faktor apa saja yang mampu membuat Anda membangun kepercayaan dalam hubungan.

Apalagi masalah yang sering muncul dalam hubungan baru adalah adanya rasa takut akan apa yang dirasakan oleh pasangan. Kepercayaan pun harus dibangun sejak hari pertama.

Nah, berikut ini sembilan faktor yang bisa membangun kepercayaan dalam suatu hubungan:

Komunikasikan secara Terbuka tanpa Batasan Apapun
Komunikasi membantu memahami orang lain. Jangan pernah gagal untuk berkomunikasi secara pribadi tentang hal-hal penting untuk pasangan Anda. Pastikan bahwa komunikasi dapat menghasilkan dari rasa saling percaya. Bagikan masalah Anda dan biarkan pasangan Anda mengenal Anda dari dalam.

Sikap Memaafkan
Perlu Anda tahu bahwa sikap memaafkan menjadi faktor yang besar untuk membangun kepercayaan dalam hubungan. Kesalahan memang kerap kali terjadi. Maafkan atas kesalahan yang dilakukan dan diskusikan penyelesaiannya.

Dukung Pasangan Anda
Biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda mendukung sepenuhnya yang mereka lakukan. Hal ini akan membangun ikatan yang tidak mudah putus. Kepercayaan meningkat ketika pasangan saling mendukung satu sama lain.

Berbagi Rahasia
Menyimpan rahasia bukan menjadi cara yang baik dalam hubungan. Anda tidak boleh membuat pasangan Anda meragukan integritas Anda. Bagikan rahasia Anda secara pribadi dan hargailah kepercayaan yang sedang dibangun.

Jangan Pernah Melanggar Janji
Jangan berani untuk mengatakan janji untuk dilanggar jika ingin hubungan Anda berhasil. Buat janji yang bisa Anda pegang dan jangan hancurkan janji itu. Menjaga janji tentang hal-hal kecil haruslah penting. Mungkin terlihat seperti hal kecil, namun ini sangat penting ketika sedang membangun kepercayaan dalam hubungan.

Jangan Berpura-pura
Jadilah diri sendiri ketika bersama pasangan. Hal ini menjadi cara Anda untuk berbagi hal-hal yang sering Anda sembunyikan dari orang lain. Tanda utama dari kepercayaan adalah menjalani hidup apa adanya dan dengan demikian akan membuat pasangan lebih nyaman.

Dapat Diandalkan
Kepercayaan akan hilang jika salah satu di antaranya melanggar janji. Anda perlu tetap jujur dan berkomunikasi secara terbuka. Setiap pasangan berusaha mengandalkan orang lain ketika menjalin hubungan. Jadi, berikan pasangan Anda kenyamanan untuk membuat kepercayaan itu meningkat.

Tindakan dan Kata-kata
Setiap kata-kata dan tindakan Anda harus sesuai agar hubungan itu berhasil. Bantu diri Anda untuk menghubungkan setiap tindakan dengan kata-kata yang Anda perlukan. Pasangan Anda perlu melihat bahwa kata-kata dan tindakan tidak menyimpang satu sama lain.

Terbuka pada Kritik
Jangan minder jika diberikan kritik oleh pasangan. Dengarkan mereka secara menyeluruh. Bertindak atas kata-kata pasangan Anda, hal ini menjadi faktor kecil yang menciptakan dampak besar dalam membangun kepercayaan dalam hubungan. (liputan6.com/Salimah)


Komentar