9 Hadiah yang Didapatkan Orang-orang Sabar, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.com
9 Hadiah yang Didapatkan Orang-orang Sabar, Apa Saja?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu terapi penyakit hati yang harus dilakukan seorang muslim, yaitu sabar. Sifat yang satu ini memang sangat mudah diucapkan namun aplikasinya dalam kehidupan butuh mujahadah, atau kesungguhan.

Sabar termasuk akhlak yang paling utama sehingga banyak mendapat perhatian , baik dalam surah-surahnya yang makkiyah ataupun yang madaniyah. Bahkan, sabar adalah akhlak yang paling banyak diulang penyebutannya dalam Alquran.

Hal tersebut menunjukkan bahwa sabar bukanlah masalah sekunder atau pelengkap, tetapi merupakan masalah primer yang sangat dibutuhkan oleh manusia, untuk meningkatkan kualitas material dan moralnya demi menggapai kebahagiaan. Tidak akan pernah tercapai kebahagiaan dan kemenangan di dunia dan akhirat kecuali dengan kesabaran.

Maka dari itu, setidaknya ada sembilan hal yang akan didapatkan oleh orang-orang yang sabar.
Berikut ini uraiannya:

Ma'iyatullah, Yakni Kesertaan Allah dalam Hidup
Adakah perasaan sedih, kecewa dan takut menghantui orang-orang yang dijaga Allah?. Masih adakah kekhawatiran yang menguasai orang-orang yang dilindungi, dalam penjagaan, pemeliharaan, dukungan dan pembelaan Allah?. “Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar“ (QS Al-Anfal: 46).

Mahabbatullah, Kecintaan Allah
Bayangkan, bagaimanakah indahnya hidup apabila mendapatkan curahan cinta-Nya?. “Dan betapa banyak Nabi yang telah berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah dan tidak lesu (pula) menyerah (kepada musuh). Allah mencintai orang-orang yang sabar” (QS Ali ‘Imran: 146).

Kabar Gembira Bagi Mereka
“Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar”. (QS Al-Baqarah: 155). “Mereka (orang-orang yang sabar) itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk”. (QS Al-Baqarah: 157).

Ketika Umar membaca ayat ini dia mengucapkan: “Sebaik-baik salat dan rahmat, dan sebaik-baik petunjuk adalah bagi orang-orang yang sabar”.

Baca Juga: Umat Muslim, Ini 5 Makna Sabar dalam Al Quran

Pemberian Balasan yang Jauh Lebih Baik
“Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS An-Nahl: 96).

Penyempurnaan Pahala Mereka Tanpa Batas
“Sungguh hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (QS Al-Zumar: 10).

Jaminan Kemenangan dan Pertolongan
“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkan kesabaranmu, dan tetaplah bersiap siaga, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu memperoleh kemenangan” (QS Ali'Imran: 200).

Terbebas dan Selamat dari Gangguan Musuh, Baik itu Setan atau Manusia yang Benci kepada Islam
“Jika kamu memperoleh kebaikan (niscaya) mereka bersedih hati, tetapi jika kamu tertimpa bencana mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkanmu sedikitpun. Sungguh Allah meliputi segala apa yang mereka kerjakan” (QS Ali-‘Imran: 120).

Memperoleh Manfaat dari Berbagai Pelajaran Sejarah dan Kesadaran dari Alquran
“…maka Kami jadikan mereka buah mulut dan Kami hancurkan mereka sehancur-hancurnya. Sungguh pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang yang bersabar dan banyak bersyukur” (QS Saba': 19).

Berhak Masuk Surga dan Menerima Ucapan Selamat dari Malaikat
“Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka dengan surga dan pakaian sutra” (QS Al-Insan: 12). “Sedangkan malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil mengucapkan): “Keselamatan atasmu berkat kesabaranmu. Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu” (QS Ar-Ra'du: 23-24)Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.