oleh

9 Khasiat Daun Sirsak Bagi Perawatan Kecantikan

PortalMadura.Com – Merawat kecantikan sudah menjadi rutinitas yang harus dilakukan setiap kaum wanita. Saat ini, banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan, salah satunya adalah buah sirsak.

Perlu Anda ketahui, sirsak memiliki rasa asam, yang mana rasanya bisa membantu menyegarkan kepala penat yang melanda. Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain yang terkandung di dalam buah yang satu ini.

Seperti manfaat buah sirsak bagi kesehatan adalah dapat meredakan saluran pernapasan. Namun siapa sangka, ternyata tidak hanya buahnya saja yang menyimpan segudang manfaat, daun sirsak juga memiliki banyak sekali manfaat yang menakjubkan untuk kecantikan.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Berikut sembilan khasiat daun sirsak untuk kecantikan, dilansir PortalMadura.Com, Rabu (4/3/2020), dari laman Merdeka.com:

Melawan Tanda Penuaan Kulit

Kandungan nutrisi tinggi seperti antioksidan dan vitamin C yang ada di dalam daun sirsak sangat baik untuk kecantikan. Anda bisa membuat masker sendiri dari daun tersebut.

Cara membuat masker daun sirsak:

Tumbuk halus 3 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih, lalu campur dengan 1 sendok makan perasan lemon. Sebelumnya, Anda harus mencuci wajah Anda dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu.

Setelah mencuci wajah, Anda balurkan masker daun sirsak pada wajah, diamkan selama 30 menit, terakhir bilaslah menggunakan air biasa hingga bersih.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan buah sirsak sebagai menu konsumsi. Kandungan asam karbonat dan vitamin C akan membantu proses selain dari masker tadi. Zat di dalamnya meningkatkan kadar antioksidan di tubuh dan membantu mengurangi tanda keriput.

Mengurangi Flek Hitam

Kandungan di dalam daun sirsak dapat membantu memudarkan flek hitam. Dengan cara, Anda menyediakan 6 lembar daun sirsak yang ditumbuk halus, tambahkan sedikit air mawar, kemudian oles pada wajah sebagai masker. Sambil dipijat lembut dan tunggu hingga cukup meresap, baru dibilas bersih.

Menyembuhkan Jerawat dan Penyakit Kulit Lain

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan selanjutnya bisa Anda coba untuk mengatasi sakit kulit dan menyembuhkan Jerawat.

Caranya, masih sama dengan langkah yang sebelumnya, Anda bisa mengusapkan daun sirsak segar pada luka kulit, seperti jerawat, cacar, dan kusta. Lalu, diamkan daun hingga layu baru wajah dicuci bersih.

Mencerahkan Kulit Wajah

masker daun sirsak flek hitam berikut Khasiat Daun Sirsak

Selanjutnya, khasiat daun sirsak mampu membantu mencerahkan wajah. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya bisa Anda buat masker dengan campuran bahan lain.

Cara pembuatannya:

  • Tumbuk halus 3 lembar daun sirsak yang sudah bersih.
    Kemudian, campurkan dengan sendok makan madu dan sendok makan perasan lemon.
  • Pijat lembut seluruh wajah menggunakan ramuan herbal Anda, dan tunggu hingga cukup meresap.
  • Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirsak dengan 1 gelas air. Kemudian saring, ketika sudah cukup hangat kuku tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok perasan lemon. Setelah itu, baru diminum.

Mengurangi Komedo

Anda bermasalah dengan komedo?. Tidak perlu khawatir, Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk mengurangi komedo sebagai masker.

Menurunkan Berat Badan

Daun sirsak bisa membantu membakar lemak jahat, serta memperlambat rasa lapar. Minumlah ramuan daun sirsak seperti cara sebelumnya, sebagai alternatif menurunkan berat badan Anda secara alami.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Buat Masker Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Mencegah Rambut Rontok

Manfaat selanjutnya, daun sirsak tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit saja, namun juga bagi keindahan rambut. Kandungan vitamin C dalam daun sirsak mampu mencegah kerontokan rambut. Nutrisi yang dibutuhkan rambut, akan dibantu tercukupi oleh pasokan dari daun sirsak yang berkhasiat.

Mengurangi Ketombe

Sifat anti-parasit yang terdapat di dalam daun sirsak mampu membantu mengurangi ketombe secara alami. Caranya, tumbuk halus daun sirsak, lalu balurkan pada kulit kepala. Jika sudah merata sempurna, bilas dengan menggunakan sampo ketika mandi. Lakukanlah proses ini secara teratur.

Mengusir Kutu

Khasiat Daun Sirsak selanjutnya, daun sirsak bisa mengusir kutu. Selain menggunakan daun sirsak sebagai perawatan dari luar, pastikan Anda juga menambahkan perawatan dari dalam.

Seperti menggunakan masker dan menggosokkan daun sirsak segar pada kulit. Kemudian, mengonsumsi buah sirsak atau jus buahnya, serta minum ramuan herbal dari rebusan daun sirsak. Selamat mencoba!

Rewriter : Azizah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE