Ini Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
manfaat daun sirsak
Daun Sirsak

PortalMadura.com- Manfaat banyak orang yang tidak tahu, tapi siapa yang tidak kenal dengan buah sirsak? Rasa buah sirsak asam manis, sedangkan daging kaya serat. Setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari.

Selain mengandung banyak serat, itu juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa, vitamin C, B1, dan B2)

Selain buah yang mengandung banyak nutrisi, daun juga mengandung senyawa yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun sirsak adalah bagian yang paling bermanfaat dari kesehatan.

Daun sirsak menjadi populer ketika sebuah penelitian menyatakan bahwa dalam daun sirsak ada senyawa yang mampu mengobati kanker.

khasiat daun sirsak untuk kesehatan

Salah satu bahan dalam daun sirsak yang bermanfaat bagi kesehatan adalah acetogenin. Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan menghambat ATP (adenosine triphosphate) transportasi atau energi yang dibutuhkan oleh sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel pada reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria.

Manfaat Daun Sirsak

Berikut ini beragam khasiat daun sirsak untuk kesehatan:

1. Mengobati diabetes

Beragam hasil penelitian menunjukkan dalam daun sirsak mengandung senyawa yang dapat menstabilkan jumlah gula darah dalam tubuh manusia dan membuatnya normal.

Karena daun sirsak mengandung banyak antioksidan seperti polifenol, saponin dan bioflavonoid.

Senyawa antioksidan tersebut berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas dan bahaya penyakit lainya yang terus mengintai kesehatan anda.

2. Khasiat Daun sirsak untuk tingkatkan kesuburan

Kandungan Daun sirsak telah terbukti dapat meningkatkan produksi sperma pada pria, sedangkan pada wanita diyakini memperkuat uterus.

Sehingga mengkonsumsi resbusan Daun sirsak dianjurkan untuk meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang ingin memiliki momongan.

3. Mengobati penyakit paru-paru

Banyaknya kandungan senyawa anti bakteri dalam daun sirsak, terbukti dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru, baik paru-paru basah maupun kering.

gambar daun sirsak

4. Hilangkan kutu

Daun sirsak dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia, tetapi bisa sangat beracun bagi serangga atau parasit. Itu sebabnya daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Caranya: Rebus secukupnya sirsak daun. Kemudian gunakan hasil rebusan daun untuk mencuci rambut Anda.

5. Obati kanker

Salah satu manfaat utama daun sirsak dan membuat daun sirsak terkenal adalah kemampuannya untuk mengobati kanker. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Karena acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin dalam sirsak sangat kuat dengan kekuatan untuk melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari Adriamycin.

Fungsi Acetogenin adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker sambil menghambat perkembangan sel-sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi Adriamycin. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, Anda hanya perlu meminum air daun sirsak sirsak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Tunggu sampai hanya 1/2 air yang tersisa. Bisa diminum dalam kondisi hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat terasa

Baca Juga: Inilah 5 Khasiat Sirsak untuk Kecantikan

6. Obati kista ovarium

Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita. Kista ovarium atau tumor jinak yang muncul di ovarium. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang menjadi kanker. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium. Untuk merasakan manfaat daun sirsak bagi kista ovarium, Anda hanya perlu meminum air daun sirsak sirsak.

Caranya: Rebus 10 daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga hanya 1/2 air yang tersisa. Bisa diminum dalam kondisi hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat terasa.

7. Menyembuhkan Asam Urat

Selain mampu mengobati kanker, daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Mirip dengan cara kerjanya untuk mengobati sel kanker, kandungan daun sirsak seperti: acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

8. Mengobati kolesterol

Khususnya bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi, daun sirsak juga bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya: Rebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minumlah setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Itulah beberapa manfaat daun sirsak, jangan lupa khasiat daun sirsak untuk kesehatan banyak sekali, dari manfaatkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.