5 Cara Agar Terhindar dari Informasi Covid-19 di WhatsApp

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Agar Terhindar dari Informasi Covid-19 di WhatsApp
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Penyebaran wabah () yang berasal dari Wuhan, Tiongkok menjadi pusat perhatian masyarakat dunia. Namun, hal ini juga membuat informasi salah atau hoaks terkait berita virus corona (Covid-19) ini.

Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menemukan lebih dari 250 hoaks hingga saat ini. Dengan adanya informasi yang salah tersebut mampu meresahkan masyarakat di tengah pandemi global virus corona.

Sebagian besar penyebaran berita salah satunya berasal dari maraknya media sosial, seperti aplikasi perpesanan . Untuk itu Anda harus lebih hati-hati lagi dengan adanya informasi salah mengenai virus corona yang beredar di WhatsApp.

Ada cara bagaimana Anda mencegah penyebaran (hoaks) terkait informasi covid-19, dilansir PortalMadura.Com, Sabtu, (21/3/2020), dari laman Okezone.Com. Berikut ulasannya:

Kenali Hoaks

Hal yang perlu dilakukan, Anda harus jeli untuk mengenali di Whatsapp. Adapun, ciri dari berita hoaks tersebut diantaranya, berbasis pesan broadcats yang sering diteruskan dengan tanpa sumber atau tanpa bukti resmi. Selain teks, foto video, bahkan rekaman suara dapat direkayasa untuk menyesatkan Anda.

Pesan Diteruskan

Aplikasi WhatsApp memiliki fitur bagaimana untuk mengenali pesan yang sering diteruskan, yakni tanda diteruskan atau forwarded. Nah, dari tanda tersebut bisa membantu Anda untuk mengetahui apakah pesan tersebut ditulis oleh teman, kerabat, atau apakah pesan tersebut sebenarnya berasal dari orang lain.

Ketika Anda melihat pesan diteruskan dari satu pengguna ke pengguna lain lebih dari lima kali, pesan tersebut biasanya akan ditandai dengan ikon ‘panah ganda' untuk menunjukan bahwa pesan tergolong ‘Banyak Diteruskan' (Highly Forwarded), dan mungkin berpotensi mengandung misinformasi.

Baca Juga : 5 Fitur WhatsApp Terbanyak Digunakan di Dunia

Cari Sumber Resmi

Jika Anda menerima pesan broadcast terkait Covid-19 di WhatsApp, cobalah terlebih dahulu mencari sumber resmi untuk memverifikasi informasi. Anda bisa cari faktanya secara online dan periksa situs yang dapat dipercaya seperti WHO, kementerian kesehatan atau situs berita terpercaya seperti cara mendapatkan diamonds ff gratis dan untuk mengetahui dari mana informasi itu berasal.

Jangan Ikut Menyebarkan

Jangan langsung ikut menyebarkan, jika Anda mendaptkan informasi terkait Covid-19 yang tidak ada sumbernya. Jangan teruskan pesan hanya karena orang lain meminta Anda untuk melakukannya, meskipun orang tersebut merupakan teman Anda sendiri.

Laporkan Pesan

Jika nmemang menemukan berita pesan hoaks di Whatsapp, Anda bisa melaporkan segala informasi dalam aplikasi WhatsApp dengan mengunjungi ‘Pengaturan/Setelah > Bantuan > Hubungi Kami'.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.