8 Manfaat Rosella untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Rosella untuk Kesehatan
Ilustrasi (viralgress.com)

PortalMadura.Com – Tanaman memiliki bunga berwarna merah dan berukuran cukup besar menyerupai bunga sepatu. Tanaman ini kerap diolah menjadi berbagai macam produk, seperti selai, obat, dan teh herbal. Pada umumnya, bunga rosella dinikmati dalam bentuk teh. yang diseduh menjadi teh dapat disajikan hangat maupun dingin.

Bunga rosella memiliki kandungan yang baik untuk . Bunga yang berwarna merah ini memiliki beberapa vitamin, di antaranya vitamin C, vitamin B3 (niasin), dan vitamin B9 (folat). Kandungan jenis mineral seperti zat besi, kalsium, seng, natrium, fosfor, magnesium, dan kalium juga terkandung di dalam bunga rosella.

Dilansir dari laman Health.Detik.Com, Selasa (7/7/2020) berikut manfaat .

Manfaat Rosella untuk Kesehatan

Berikut ini ada delapan manfaat Rosella untuk kesehatan terutama kesehatan, sebagai alternatif obat-obatan kimiawi:

Melindungi Kulit Wajah

Bunga rosella dapat membantu untuk menjaga kulit wajah dari radikal bebas dan sinar UV yang berbahaya. Manfaat rosella untuk wajah dapat Anda rasakan dengan rajin mengonsumsi teh rosella. Teh rosella mengandung protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit wajah lebih sehat dan cerah.

Mengatasi Infeksi dan Peradangan

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam rosella dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau adanya peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Mengurangi Rasa Cemas

Bunga rosella juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan depresi. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang terkandung dalam rosella. Flavonoid yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antidepresan sehingga dapat membuat Anda lebih tenang dan santai.

Mencegah Tumor dan Kanker

Manfaat bunga rosella merah selanjutnya yaitu dapat mencegah tumor dan kanker. Hal ini karena bunga rosella mengandung zat antioksidan dan antikarsinogenik.

Menjaga Saluran Pencernaan

Bunga rosella bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi bunga rosella bisa melancarkan buang air besar sehingga dapat mengatasi sembelit.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi (hipertensi) merupakan salah satu penyebab munculnya masalah medis pada tubuh. Mengonsumsi bunga rosella bisa membantu tubuh untuk menjaga dan mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

Menurunkan Berat Badan

Teh bunga rosella dapat Anda gunakan sebagai teh pelangsing untuk menurunkan berat badan. Rosella dapat menghambat produksi amilase sehingga dapat menurunkan penyerapan glukosa dan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati mengalami penurunan, maka dapat menurunkan asupan kalori pada tubuh dan pada akhirnya bisa mengurangi berat badan.

Merangsang Menstruasi

Manfaat rosella yang terakhir yaitu dapat merangsang menstruasi. Bunga rosella dapat memengaruhi hormon estrogen yang dapat merangsang terjadinya menstruasi.

Baca Juga: 36 Tanda Tanda Hamil Yang Perlu Anda Tahu

Itulah manfaat rosella yang dapat Anda coba di rumah. Pastikan untuk mengonsumsi teh rosella sesuai dengan petunjuk yang relevan dan jangan mengonsumsi secara berlebihan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.