oleh

36 Tanda Tanda Hamil Yang Perlu Anda Tahu

PortalMadura.com -Terjadinya kehamilan adalah sesuatu yang telah menunggu pasangan yang sudah menikah. Entah itu baru menikah sampai lama menikah.

Bagi Anda yang baru hamil untuk pertama kalinya, tentu Anda akan merasa bingung dengan kemungkinan munculnya tanda tanda hamil yang akan terjadi dalam tubuh anda.

Terutama karena proses perubahan yang terjadi secara bertahap dan umumnya tidak disadari.

Agar tidak bingung, di sini adalah penjelasan tentang munculnya ciri ciri hamil baik kehamilan muda, kehamilan seorang gadis atau anak laki-laki, hingga kehamilan kosong seperti yang dirangkum di PortalMadura.com.

Tanda Tanda Hamil sebelum haid terlambat

Haid terlambat atau menstruasi memang merupakan salah satu ciri ciri hamil. Namun, ada juga beberapa gejala lain atau tanda tanda hamil yang muncul sebelum Anda terlambat haid. Berikut penjelasannya:

1. Mudah lelah

Merasa mudah lelah tanpa sebab sering muncul di awal kehamilan hal ini menjadi salah satu tanda tanda hamil yang umumnya dimiliki seorang wanita.

Kelelahan umumnya terjadi karena peningkatan kadar progesteron dalam tubuh, peningkatan denyut jantung, dan perubahan sistem metabolisme tubuh.

Jika anda terbiasa mengatasi kelelahan dengan mengonsumsi kafein seprti yang terdapat dalam kopi, maka coba hidnari atau jahui hal tersebut karena dapat membahayakan janin.

2. Sering pusing

Pusing sering menyertai kelelahan yang datang sebagai tanda tanda hamil karena penurunan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah.

Sering kali ciri ciri hamil yang satu ini tidak disadari oleh para calon ibu, dan mendiaknosanya dengan penyakit kepala atau migrain.

3. Munculnya bercak darah

Terkadang pada tanda-tanda awal kehamilan sering muncul bercak darah yang keluar dari vagina. Bintik-bintik darah yang keluar menjadi tanda melekatkan telur yang dibuahi ke dinding uterus.

4. Sering mual dan muntah

Mual dan muntah sering menjadi tanda utama kehamilan. Ini biasanya terjadi pada pagi hari karena penumpukan asam lambung saat Anda tidur.

Untuk mencegah hal ini, jangan biarkan perut Anda kosong dengan makan sedikit demi sedikit tetapi sering.

5. Kehilangan nafsu makan

Meningkatkan kadar hormon di awal kehamilan, seringkali membuat wanita kehilangan nafsu makan. Ini salah satu ciri ciri hamil yang perlu diketahui.

6. Sembelit Tanda Tanda Hamil

Perubahan hormonal yang menyertai tanda-tanda kehamilan akan menyebabkan sistem pencernaan melambat dan membuat Anda sembelit.

7. Sering buang air kecil

Jika diamati, tanda-tanda awal kehamilan akan membuat wanita buang air kecil lebih sering. Pasalnya, pembesaran rahim akan menekan kandung kemih, sebagai tanda tanda hamil.

8. Mengubah payudara

Perubahan dalam serangkaian hormon juga membuat payudara menjadi lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Putingnya akan lebih menonjol dan lebih gelap warnanya.

Ini merupakan ciri ciri hamil yang umum terjadi pada wanita hami, dan merupakan cara tubuh menyipakan kebutuhan anak.

Baca Juga: Cara Agar Cepat Hamil, Tips Obat dan Teknik

9. Sensitif terhadap aroma tertentu

Munculnya rasa mual karena kepekaan terhadap aroma tertentu terjadi karena indera penciuman lebih tajam dari biasanya.

10. Mood swing

Perubahan mood atau perubahan mood mendadak menjadi salah satu ciri ciri hamil yang snagat kentara, bahkan ini sering terjadi di awal kehamilan karena perubahan hormonal.

Tanda tanda Hamil Muda

curi ciri hamil muda

Setelah mengalami tanda tanda hami di atas yang disertai dengan kedatangan terlambat, Anda juga melakukan tes kehamilan dengan hasil positif.

Dalam kehamilan muda ini ada juga sejumlah tanda tanda kehamilan yang menyertainya. Terutama tanda tanda hamil 2 minggu yang sering kali jarang di pahami oleh calon ibu.

Sebab bagi mereka yang sedang hami, ciri ciri hamil 2 minggu snagat samar terlihat, walaupun sebeneranya tanda kehamilan sudah terlihat cukup baik seperti dibawah ini.

11. Mual

Mual adalah tanda tanda hamil muda yang biasanya berlangsung hingga minggu kedua belas. Meskipun mual biasanya lebih sering terjadi di pagi hari, ada juga wanita yang mengalami mual sepanjang hari.

Untuk mengatasinya, hindari aroma yang bisa memicu Anda untuk mengalami mual, makan porsi kecil sering, dan minum banyak air karena mual biasanya disertai dengan muntah yang bisa menyebabkan dehidrasi.

12. Kram

Kram sering muncul sebagai tanda tanda hamil muda tidak terasa jauh berbeda dari kram yang biasanya Anda alami sebelum menstruasi.

Tetapi jika kram yang terjadi lebih menyakitkan daripada kram biasa dan disertai dengan kontraksi yang terjadi setiap 5 hingga 20 menit, ada baiknya untuk memeriksa kondisi ini pada dokter kandungan.

13. Perdarahan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, pendarahan terjadi sebagai tanda embrio yang menempel di dinding rahim. Jangan takut hal tersebut merupakan salah satu tanda tanda hamil.

Akan tetapi anda tetap perlu waspada jika pendarahan yang terjadi berwarna merah cerah atau merah dengan mudah dan munculnya keputihan yang menyerupai gumpalan darah. Apalagi jika disertai kram yang menyakitkan.

14. Keputihan

Keputihan memiliki fungsi untuk menjaga sistem reproduksi bersih dan bebas infeksi. Keputihan yang muncul di awal kehamilan bukan hanya sebagai ciri ciri hamil biasa, namun memiliki fungsi penting

Dimana keputihan memiliki tugas melindungi sistem reproduksi Anda dari infeksi. Tetapi Anda perlu waspada jika Anda memiliki banyak keputihan, kuning atau hijau, tidak berbau, dan disertai rasa sakit.

Tanda Tanda Hamil anak laki-laki

tanda hamil anak laki-laki
tanda hamil anak laki-laki

Munculnya jerawat sering disebutkan sebagai salah satu tanda tanda hamil dengan calon jabang bayi berjenis kelamin laki-laki.

18. Mengidam

Jika seorang wanita hamil sering mendambakan atau ingin makan makanan asam atau asin memiliki peluang besar untuk hamil dengan anak laki-laki.

Hal tersebut merupakan salah satu tanda tanda kehamilaan anak laki-laki yang banyak diyakini masyarakat sejak jaman dahulu dahulu.

19. Posisi perut

Bentuk dan posisi perut adalah tanda-tanda kehamilan lain yang dapat dijadikan sebagai saah satu indikator jenis kelamin bayi yang dikandung.

Jika kondisi perut ibu hamil cenderung menurun, hal tersebut menandakan calon ibu saat ini sedang mengandung anak laki-laki.

Ciri ciri hamil ini telah diyakini sebagai salah satu cara menebak jenis kelamin bayi sebelum munculnya teknologi modern.

20. Perubahan alam

Saat seorang perempuan Sedang hamil sering mengalami perubahan dalam sifat-sifat seperti menjadi lebih agresif, berani, dan dominan.

Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh peningkatan kadar testosteron dalam tubuh, yang akhirnya harus dilampiskan dalam perubahan sikap.

Jangan Lupa Baca Juga: Kenali Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita

21. Warna urin

Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi dengan melihat warna air seni. Salah satu tanda tanda hamil untuk bayi laki-laki akan membuat  membuat warna urin cenderung menjadi lebih gelap dibandingkan biasanya.

22. Ukuran payudara

Saat hamil, payudara akan cenderung membesar karena secara alamiah tubuh seoarang ibu akan mempersiapkan  pasokan asi untuk memenuhi kebutuhan calon bayi.

Hal yang menarik ketika seorang waninta hamil, kondisi payudara kanan akan lebih besar dari payudara kiri. Ini bisa menjadi salah satu tanda tanda hamil yang bisa anda jadikan patokan.

23. Mudah untuk mendinginkan kaki

Kaki yang mudah kedinginan selama kehamilan adalah tanda-tanda kehamilan untuk anak laki-laki.

24. Pertumbuhan rambut

Wanita yang hamil dengan anak laki-laki cenderung memiliki pertumbuhan rambut lebih cepat dari biasanya.

25. Posisi tidur

Selama kehamilan, Anda akan mudah lelah. Dan jika saat tidur Anda tidur lebih miring ke sisi kiri, itu menandakan Anda sedang hamil anak laki-laki.

26. Tangan kering

Selain kaki dingin, tangan yang kering juga menunjukkan bahwa Anda sedang mengandung anak laki-laki.

27. Penambahan berat badan

Saat hamil dengan laki-laki, peningkatan berat badan sebagian besar akan terlihat di perut. Berbeda jika hamil dengan seorang gadis yang beratnya didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk wajah.

Itu adalah tanda kehamilan pada anak laki-laki.

Tanda-tanda Hamil Anak Perempuan

tanda hamil anak perempuan
tanda hamil anak perempuan

28. Morning sickness

Kehamilan untuk wanita membuat wanita hamil sering mengalami mual di pagi hari atau mual berlebihan. Ini terkait dengan peningkatan kadar hormon dan penurunan gula darah selama kehamilan.

29. Detak jantung

Jika detak jantung bayi Anda tinggi atau lebih dari 140 denyut per menit, kemungkinan Anda hamil dengan seorang gadis.

30. Jerawat dan kulit berminyak

Selain banyaknya jerawat yang muncul, ibu hamil juga membuat kulit berminyak dengan mudah.

31. Mengidam

Kehamilan bagi wanita akan membuat wanita hamil menginginkan makanan manis lebih sering daripada makanan pedas atau asam.

32. Posisi perut

Salah satu ciri ciri hamil yang tampaknya khusus untuk mereka yang hamil dengan seorang anak perempuan, posisi perut akan tampak lebih tinggi dibandingkan saat biasanya.

33. Perubahan alam

Gadis hamil sering membuat ibu hamil mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim seperti lekas marah, depresi, dan kesedihan yang mudah.

34. Ukuran payudara

Ukuran payudara meningkat secara dramatis atau sisi kiri tampak lebih besar dari payudara kanan.

35. Pertumbuhan rambut

Jika hamil dengan laki-laki membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat, maka kehamilan seorang gadis akan membuat rambut berkilau.

36. Warna urin

Warna urine dapat menjadi indikator jenis kelamin bayi yang dikandung. Warna urin kuning kusam menunjukkan bahwa Anda sedang hamil seorang gadis.

Ciri Ciri Hamil Kosong

Selain kehamilan normal, ada juga gangguan kehamilan lain yang sering mengakibatkan komplikasi kehamilan dan kehamilan jangka kosong.

Kehamilan kosong berbeda dengan kehamilan di luar rahim. Kehamilan kosong terjadi ketika embrio akibat pembuahan sel sperma dan sel telur tidak berkembang dengan baik.

Tanda tanda kehamilan  kosong seperti kehamilan pada umumnya. Wanita hamil akan mengalami mual, muntah, pusing, dan tentu saja terlambat haid.

Tetapi biasanya seorang wanita hamil akan memiliki firasat bahwa kehamilannya tidak berkembang dengan baik. Oleh karena itu, pemeriksaan yang biasanya dilakukan saat kandungan adalah 7-8 minggu yang diperlukan.

Dengan demikian dokter dapat melakukan ultrasound untuk melihat apakah telur yang dibuahi dapat berkembang menjadi embrio atau tidak.

Kehamilan sering membuat wanita mengalami kecemasan, terutama jika mereka merasa tidak yakin. Maka sebaiknya rajin melakukan pemeriksaan kepada petugas kesehatan (Naskes).

Baik kepada Bidan maupun Dokter Spesialis, terutama saaat ibu merasakan hal yang berbeda dengan kandungannya.

Keuntungan rutin berkonsultasi soal kehamilan selain untuk menjaga kesehatan fisik Ibu dan Calon bayi,  rutin berkonsultasi juga akan memberikan ketenangan secara psikologis yang sangat membantu kenyamanan kehamilan.

Semoga informasi tanda tanda hamil diatas dapat membantu anda memahami ciri ciri hamil muda.

Penulis: Writer PortalMadura
Editor:-

Komentar