4 Hal Inspiratif dari Kisah Nabi Yusuf AS

Avatar of PortalMadura.com
4 Hal Inspiratif dari Kisah Nabi Yusuf AS
Ilustrasi (RajinLah.ID)

PortalMadura.Com – Nabi Yakub AS mempunyai anak ke-11 yaitu AS, yang mempunyai wajah yang sangat tampan. Bahkan karena ketampanannya menjadikan saudaranya iri hati. Selain itu, Nabi Yusuf juga dipenjara disebabkan rupanya yang sangat tampan.

Kisah hidup Nabi Yusuf disebutkan oleh Allah SWT dalam Alquran terutama di Surah Yusuf, sebagai pembelajaran bagi umat manusia akhir zaman. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut pelajaran hidup dari AS yang bisa Anda pelajari.

Allah Mempunyai Rencana untuk Anda

Dilempar ke dalam sumur yang sunyi, diperbudak di negara asing, dipenjara selama bertahun-tahun peristiwa di paruh pertama kehidupan Nabi Yusuf tampak seperti trauma yang tidak berarti.

Tapi lihat lebih dekat. Cobalah untuk menghubungkan titik-titik antara peristiwa yang terpisah, dan pola yang menakjubkan akan mulai muncul. Kalian akan melihat bagaimana segala sesuatu mulai masuk akal, dan bagaimana setiap acara diatur waktunya dan diurutkan dengan sempurna.

Semakin dalam Anda berpikir, semakin masuk akal, dan semakin terpesona oleh keindahan rencana Allah yang Anda tidak ketahui. Dan itu tidak hanya tentang kisah Nabi Yusuf, Allah memiliki rencana yang dirancang dengan indah untuk Anda semua.

Pikirkan baik-baik tentang kisah Anda sendiri, urutan kejadian, orang-orang yang masuk dan keluar dari hidup Anda. Lalu, Anda akan melihat sekilas rencana Allah untuk Anda.

Jangan Pernah Menganggap Dapat Mengontrol Keinginan Anda

Siapa yang bisa memiliki iman yang lebih kuat dan pengendalian diri yang lebih baik daripada seorang Nabi? Namun apa yang Nabi Yusuf katakan ketika para wanita itu mencoba merayunya?

Tuhanku! Saya lebih suka penjara daripada apa yang wanita-wanita ini panggil saya lakukan. Jika Anda tidak melindungi saya dari pengkhianatan mereka, saya akan menyerah kepada mereka dan melakukan kesalahan, (12:33)

Nabi Yusuf tahu bahwa, tidak peduli seberapa kuat imannya, dia tetaplah seorang manusia. Selalu waspadai kelemahan sendiri, dan jauhi situasi yang mungkin membangkitkan mereka.

Setiap Orang Memiliki Potensi untuk Berubah

Bagaimana penilain Anda tentang sekelompok orang yang melemparkan adik laki-lakinya sendiri ke dalam sumur, dan meninggalkannya di sana untuk mati atau diculik? Persis itulah yang dilakukan saudara-saudara Nabi Yusuf terhadapnya, namun di akhir cerita mereka semua bertobat.

Lalu, Pikirkan juga tentang istri menteri. Dia mencoba yang terbaik untuk membuat Nabi berdosa, dan dia adalah alasan utama dia dijebloskan ke penjara. Namun kemudian kita melihatnya tidak hanya bertobat tetapi juga menjadi orang percaya.

Ingatlah ini saat Anda tergoda untuk menilai diri sendiri atau orang lain. Tidak ada manusia yang sempurna. Kita semua diombang-ambingkan oleh emosi, dan Setan, musuh abadi kita, terus-menerus mencoba untuk membakar keinginan kita dan mengaburkan pikiran kita.

Tidak peduli seberapa buruk penampilan luar seseorang, selama mereka masih hidup, ada beberapa kebaikan yang tersembunyi di dalam dirinya yang berpotensi untuk keluar dan mengubah hidup mereka.

Mengetahui Siapa Allah Membuat Kamu Bersyukur

Bayangkan jika Anda secara tidak adil dijebloskan ke penjara. Bagaimana perasaan Anda? Dihina dan dikhianati. Mungkin Anda akan berhenti makan dan berbicara karen masuk ke lubang depresi terdalam. Atau mungkin Anda akan mengoceh tentang ketidakadilan yang terjadi pada Anda terhadap sesama narapidana.

Saat Anda menderita, seringkali Anda akhirnya mempertanyakan rahmat Allah: “Mengapa Allah membiarkan ini terjadi padaku?”

Di akhir cerita, setelah Nabi Yusuf bertemu kembali dengan keluarganya, beliau memberi tahu ayahnya bagaimana Allah telah baik kepadanya dengan membawanya keluar dari penjara dan membawa ayahnya keluar dari kehidupan Badui. (12: 100)

Perhatikan bagaimana fokus Nabi Yusuf selalu pada hal positif. Dia tidak menyebutkan masuk penjara tapi keluar dari situ. Bagaimanapun juga yang beliau derita sepanjang hidupnya selalu bersyukur.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.