oleh

Abrasi Pantai Ancam Pulau Gili Labak

PortalMadura.Com, Sumenep – Ditengah geliat wisata Pulau Gili Labak, yang mengundang ratusan wisatawan setiap bulanya. Ternyata pulau yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Pulau Tikus ini terancam tenggelam.

Hal tersebut terjadi akibat semakin terkikisnya daratan Pulau Gili Labak akibat abrasi pantai di sejumlah bagian Pulau yang masuk dalam wilayah administrasi desa Kombeng, Kecamatan Talango, Kabupaten, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepada PortalMadura.com sejumlah warga Gili Labak membenarkan jika abrasi pantai semakin mengancam, sejak satu tahun terakhir. Terlebih lagi saat musim “Barat Laut”, air laut hanya beberapa meter dari rumah penduduk.

“Sudah satu tahun ini memang air laut semakin dekat, apalagi kalau musim barat laut” ungkap Zainal (35) Salah satu warga.

Loading...

Sementara itu sejumlah pelaku wisata pulau gili labak, mengkhawatirkan abrasi pantai yang terus terjadi. Dan mengancam keindahan pasir putih yang menjadi salah satu daya tarik Pulau Gili Labak.

“Abrasi pantai sudah menjadi ancaman, dan berpotensi menghilangkan pasir putih yang menjadi salah satu andalannya” ungkap Wiwid (25).

Akan tetapi, pria yang lebih dari 1 tahun menjalankan bisnis di sektor pariwisata ini mengatakan, Gili Labak masih memiliki keindahan bawah laut yang sangat cocok untuk olahrga Snorkling maupun Diving.

“Tentu kita tidak berharap Gili labak tidak memiliki pasir putih lagi, tapi disini masih ada potensi bawah laut yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan” tegasnya. (Deny)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar