oleh

Ada Keris Sepanjang 2 Meter di Pameran FKPU

PortalMadura.Com, Sumenep – Keris sepanjang 2 meter buatan pengrajin asal Desa Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ada di pameran Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) di Kabupaten Sumenep.

“Keris sepanjang dua meter ini memang sengaja dibuat. Karena ada juga yang suka. Bahkan, ada yang pesan lebih panjang lagi, yakni tiga meter,” terang Taufik Rahman, Kepala Desa Aeng Tontong di stan pameran FKPU 2014 di Sumenep, Sabtu (1/11/2014).

Lama pembuatan keris tersebut membutuhkan waktu 2 pekan dan harganya dipatok Rp 2.500.000. (Dua juta lima ratus ribu rupiah). “Mahal tidaknya sebuah keris, tergantung pada kualitas besinya. Ada yang ukurannya cukup kecil, harganya bisa jauh lebih mahal,” urainya.

Desa Aeng Tongtong merupakan pusat pengrajin keris di Kabupaten Sumenep. Hampir 3.000 jiwa penduduk, 80 persen diantaranya berprofesi sebagai pengrajin keris. “Warga saya mayoritas sebagai pengrajin keris,” katanya.(htn)

Keris Sepanjang 2 Meter Buatan Pengrajin Desa Aeng Tongtong Sumenep
Keris Sepanjang 2 Meter Buatan Pengrajin Desa Aeng Tongtong Sumenep
Mermata Ikut Pameran FKPU
Permata Ikut Pameran FKPU

Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE