oleh

Ada Wasilah yang Sangat Mendalam di Surah Yasin

PortalMadura.Com – Hampir semua ayat yang terdapat dalam Alquran pasti mengandung banyak manfaat dan petunjuk hidup bagi seluruh manusia. Untuk itu umat Muslim dianjurkan untuk membaca dan mengamalkannya agar mendapatkan syafaat Allah SWT.

Ada banyak surah yang bisa Anda amalkan salah satunya surah Yasin. Sebagaimana diketahui, jika sering membaca surah ini seseorang akan mendapat ampunan (magfirah) dari-Nya.

Namun di balik itu, ada hal yang mungkin belum Anda ketahui yaitu di dalamnya memiliki wasilah yang sangat mendalam. Rasulullah secara jelas mengungkapkan hal tersebut.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti) dari kalbu Alquran adalah Surah Yasin“.

Dilansir Okezone.com, yang dikutip dari buku berjudul “Tafsir Ibnu Katsir Surah Yasin” yang ditulis oleh Imam Ibnu Katsir, berikut penjelasan tafsir dari Surah Yasin.

“Barangsiapa membaca Surah Yasin, maka Allah mencatat baginya karena bacaan Surah Yasin itu pahala membaca Alquran 10 kali.”

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Barang siapa yang membaca Surah Yasin di malam hari, pada keesokan harinya dia diampuni. Dan barang siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan pada pagi harinya diampuni”.

Yasin adalah kalbu Alquran; tidak sekali-kali seseorang membacanya karena mengharapkan pahala Allah dan hari kemudian, melainkan diberi ampunan baginya, dan bacakanlah Surah Yasin buat orang-orang mati.

Sebagian ulama mengatakan bahwa khasiat surat ini ialah ketika dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya. Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar