Ahli Dermatologi: 5 Jenis Antioksidan untuk Kecantikan Kulit

Ahli Dermatologi: 5 Jenis Antioksidan untuk Kecantikan Kulit
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan kulit memang penting dilakukan, bukan hanya untuk terlihat cantik. Hal ini, agar kulit terhindar dari radikal bebas. Pemicu pembentukan radikal bebas ini karena beberapa faktor lingkungan, seperti polusi udara, paparan zat kimia, asap rokok, dan radiasi matahari.

Untuk itu, begitu pentingnya penggunaan antioksidan dalam produk kecantikan. Pasalnya, antioksidan memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel.

Sebagaimana menurut seorang ahli dermatologi berbasis di New York, Dr. Melisa Levin, bahwa saat ini banyak sekali produk kecantikan yang mengandung antioksidan ampuh menangkal radikal. Sayangnya, tidak semua produk kecantikan tersebut memiliki konsentrasi tinggi dan stabil untuk kulit pengguna, dilansir PortalMadura.Com, Minggu (21/7/2019), dari laman merdeka.com.

Baca Juga: Ladies, Yuk Intip Rahasia Perawatan Kecantikan dari 5 Negara di Dunia

Maka dari itu, Dr. Levin merekomendasikan lima jenis antioksidan penting untuk kulit, seperti dilansir merdeka.com yang mengutip dari Self:

Vitamin A

Manfaat vitamin A sering disamakan dengan retinol atau asam tretinoin. Vitamin yang satu ini dikenal karena struktur molekulnya yang kecil sehingga memiliki kemampuan untuk menembus hingga ke lapisan terdalam kulit.

Baca Juga:  5 Bahan Alami yang Biasa Bikin Rambut Berkilau

Vitamin A dapat mempercepat pembaruan dan perbaikan sel. Hampir sama dengan vitamin C, vitamin yang satu ini juga membantu produksi kolagen yang berguna untuk memperbaiki garis-garis halus dan kerutan. Vitamin A juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pigmentasi yang diakibatkan sengatan matahari.

Vitamin C

Vitamin ini memiliki kemampuan meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C menjadi salah satu antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas. Selain lewat serum atau suplemen, biasanya vitamin yang satu ini bisa didapatkan dari bahan makanan. Misalnya buah jeruk, mangga, tomat, kembang kol, brokoli, dan bayam.

Akan tetapi perlu diingat, bahwa vitamin C akan bekerja tidak stabil dan kehilangan potensinya ketika terkena sinar matahari langsung.

Vitamin E

Salah satu jenis vitamin yang paling dibutuhkan organ tubuh, termasuk kulit adalah vitamin E. Kemampuan vitamin ini dapat mempercepat proses pemulihan kulit dan menurunkan risiko kanker kulit.

Tidak heran, jika vitamin E dikenal luas sebagai antioksidan yang cukup kuat. Bahkan, kandungan vitamin yang satu ini banyak ditemukan dalam skincare. Tapi perlu diketahui, bahwa dosis penggunaan vitamin E juga berpengaruh dari aktivitas Anda. Jika Anda banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, maka semakin tinggi pula kebutuhan vitamin E tubuh.

Baca Juga:  Berbahaya! Ini 4 Tanda Skincare Abal-abal

Curcumin

Antioksidan yang ditemukan pada rimpang kunyit ini berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Tak hanya itu, curcumin juga dapat melawan radikal bebas. Sifat antiinflamasi yang dimilikinya terbukti secara medis dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti psoriasis dan scleroderma.

Resveratrol

Kacang tanah, anggur merah, dan buah-buahan beri mengandung resveratrol secara alami yang baik untuk melindungi kulit dari polusi udara, radiasi, hingga perubahan iklim ekstrem. Sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang terdapat pada resveratrol sangat cocok untuk menangkal jerawat. Selain itu, resveratrol juga mampu mendegradasi kolagen dan melindungi kulit dari pigmentasi.

Selain menggunakan lima jenis antioksidan di atas, sebaiknya coba juga produk skincare atau suplemen yang juga memiliki kandungan-kandungan tersebut untuk perawatan sehari-hari.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.