oleh

Akhir 2016, HCML Eksploitasi Gas Di Sapudi & Raas

PortalMadura.Com, Sumenep – Husky CNOOC Madura Limited (HCML), operator minyak dan gas bumi lapangan lepas pantai MDA dan MBH Blok Madura Strait, bakal melakukan eksploitasi gas di Pulau Sapudi dan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Head of Relation HCML wilayah Jawa Timur, Hamim Tohari mengungkapkan, lokasi eksploitasi gas itu ada dua titik di pulau berbeda. Namun, karena lokasinya dekat, maka dijadikan satu kawasan (satu lokasi).

“Kita berharap didua lokasi itu, ekonomis dan bisa mampu berproduksi 10 tahun kedepan,” kata Hamim usai melakukan pertemuan dengan sejumlah wartawan di salah satu rumah makan di Sumenep, Kamis (17/7/2014) malam.

Saat ini, tidak ada aktivitas apapun di lokasi tersebut. Karena pihak perusahaan sudah selesai melakukan eksplorasi. “Hasil dari eksplorasi itu dalam kajian di Jakarta,” terangnya.

iklan hari santri

Dia memastikan, jika hasil dari eksploitasi yang fokus pada gas tersebut untuk industri di Jawa Timur. “Gas itu memang di khususkan pada perusahaan lokal di Jatim. Jadi, tidak akan dijual ke luar daerah,” tandasnya.

Namun, hingga saat ini, pihak pemerintah sedang melakukan kajian dan siapa calon pembelinya. “Yang berhak untuk menjual itu kan pemerintah. Kalau perusahaan sudah siap melakukan eksploitasi di akhir tahun 2016,” urainya.

Selain untuk kebutuhan industri, HCML bakal mengalokasikan gas untuk BUMD Migas Kabupaten Sumenep,. Dari blok tersebut, HCML berharap dapat menguras gas dari perut bumi Sumenep sebesar 120 mmscfd. “Dalam waktu dekat ini, semoga ada perjanjian jual-beli gas (PJBG) dengan calon pembelinya,” pungkas Hamim.(htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.