Akuntansi Lingkungan, Penerapan Green Accounting di Perusahaan

Penulis: .Editor: .
Akuntansi Lingkungan Perapan Green Accounting di Perusahaan
Ist
    Bagikan:

Oleh: Muslimah*

Sebagaimana diterapkan dalam ilmu akuntansi yaitu dikenal dengan Green Accounting. Dalam upaya menjaga lingkungan, bidang akuntansi memberikan pengaruh terhadap lingkungan hijau dari segi pencatatan dan pelaporan keuangan.

Selain itu dapat kita ketahui kegiatan perusahaan adalah kegiatan untuk memperoleh keuntungan. Mulai banyak seruan-seruan mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, namun hal tersebut seakan tidak berpengaruh justru kerusakan lingkungan makin banyak terjadi.

Kerusakan lingkungan yang terjadi berkaitan dengan dampak operasi perusahaan, perlu adanya alat kontrol dan sistem tata kelola mengenai dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan operasi perusahaan.

Akuntansi lingkungan dianggap sebagai solusi terbaik dalam mengatasi masalah kerusakan lingkungan, akuntansi lingkungan merupakan bentuk pertanggung jawaban perusahaan atas pengelolaan dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh operasi perusahaan.

Namun penerapan akuntansi lingkungan juga bukan tanpa masalah, masih banyak yang perlu dibenahi dalam penerapannya. Kurangnya kesadaran individu dan masyarakat dalam hal ini dinilai sebagai penyebab kurang maksimalnya penerapan akuntansi lingkungan.

Green Accounting memberikan gambaran terhadap upaya menjaga lingkungan dengan menggabungkan manfaat lingkungan dengan biaya dari keputusan ekonomi melalui hasil keuangan perusahaan.

Green Accounting dapat mengidentifikasi antara biaya dan manfaat melalui konservasi lingkungan melalui kegiatan perusahaan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan pada bidang penanganan perubahan iklim.

Perusahaan yang sudah menerapkan Go Green adalah Starbucks. Starbucks membuat beberapa inovasi untuk mengurangi sampah plastik seperti menggunakan cup dari bahan kertas yang ramah lingkungan dan mudah hancur.

Cara-cara ini ternyata tidak membuat Starbucks cukup puas begitu saja, pada tahun 2018 lalu akhirnya mereka menemukan inovasi yang tidak terpikiran sebelumnya.

Sippy cup for adult, begitu semua orang menyebut tutup plastik pengganti sedotan plastik yang dapat dipakai berulang kali. Inovasi tersebut rupanya juga disambut baik oleh konsumen Starbucks yang berasal dari kalangan anak muda sampai orang tua.(**)

*Penulis : Muslimah
Mahasiswa semester 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Nim 201810170311008

“Redaksi PortalMadura.Com menerima tulisan opini, artikel dan tulisan lainnya yang sifatnya memberi sumbangan pemikiran untuk kemajuan negeri ini. Dan semua isi tulisan di luar tanggung jawab Redaksi PortalMadura.Com”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.