Alami Kebocoran Data? Lakukan 3 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Alami Kebocoran Data? Lakukan 3 Hal Ini
Ilustrasi (RRI)

PortalMadura.Com sering terjadi baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Oleh karena itu, perlu hati-hati karena hal ini akan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Agar kebocoran data tidak terjadi pada Anda, perlu melakukan beberapa hal ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut cara mengamankan data dari kebocoran.

Ganti Password

Password jadi yang paling penting ketika menghadapi kebocoran data. Sesegera mungkin Anda perlu mengubah password akun Anda, bukan hanya akun terkait saja, tapi sebisa mungkin seluruh akun Anda.

Alasannya, bisa jadi atas kesamaan password yang Anda gunakan, pembobol akun akan menggunakannya ke akun Anda yang lainnya.

Guna memastikan kekuatan password yang Anda pakai, coba kombinasikan antara huruf kecil, angka, dan kapital. Bisa juga Anda tambahkan simbol tertentu agar lebih aman.

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Two step verification atau verifikasi dua langkah memungkinkan Anda untuk memberikan izin akses untuk masuk ke akun. Biasanya, pengguna akan mendapatkan notifikasi berupa pin yang perlu diinput ketika membuka akun yang dituju sebagai langkah lanjutan.

Cara ini dirasa lebih ampuh karena Anda jadi mampu memberikan kontrol berlebih jika terjadi pembobolan pada akun Anda.

Banyak aplikasi media sosial saat ini yang sudah melengkapi layanannya dengan two-step verification. Guna memastikan lebih aman, Anda perlu aktifkan fitur ini di hampir seluruh akun yang Anda miliki.

Sebagai informasi, Anda bisa menggunakan Authenticator App untuk menjamin keamanan berlebih ketimbang verifikasi manual melalui SMS.

Password Manager

Pada kondisi Anda memiliki banyak akun dan dengan password yang berbeda, terkadang sulit untuk mengingatnya satu persatu.

Menggunakan aplikasi password manager bisa membantu kamu guna mengatur sandi yang Anda gunakan untuk beberapa akun tersebut.

Dengan begitu, Anda juga tidak perlu khawatir password yang Anda gunakan tadi tertukar atau terlupakan.

Perlu diingat untuk menggunakan password manager yang legal, karena tentu akan menjamin keamanan lebih baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.