oleh

Alokasi Perbaikan Gedung SD dan SMP Capai Rp. 18 Miliar

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menganggarkan Rp 18 miliar untuk perbaikan gedung SD dan SMP tahun 2021 dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Anggaran itu untuk 41 sekolah. SD 36 dan 5 SMP,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Senin (1/2/2021).

Anggaran pada DAK itu, diusulkan oleh setiap sekolah melalui aplikasi krisna, dan Dapodik, untuk diverifikasi oleh kementerian pusat.

“Kami tidak bisa mengkondisikan. Sebab, penerima itu tergantung operator di sana,” terangnya.

Usulan perbaikan gedung sekolah harus dilakukan di dua aplikasi, baik memalui krisna maupun dapodik. Jika usulan itu masuk semua, maka nanti yang menentukan tim verivikasi dari Kementerian.

Pihaknya menjelaskan, jika ada kerusakan yang akan difasilitasi dari anggaran DAK itu kerusakannya minimal 65 persen. “Jika lebih dari itu maka DAK tidak bisa memfasilitasi,” tegasnya.

Sementara, pelaksanaan perbaikan sekolah di tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, harus melalui kontrak.

“Pencairannya seperti apa? ya tergantung CV-nya. Mau dibagi tiga atau di akhir. Kalau dibayarkan di awal tidak boleh,” pungkasnya.(*)

Penulis : M Saed
Editor : Desy Wulandari

Komentar