Anak Anda Mulai Dekat dengan Teman yang Tak Baik? Lakukan 4 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Anak Anda Mulai Dekat dengan Teman yang Tak Baik? Lakukan 4 Hal Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Usia remaja merupakan fase transisi dari anak-anak menuju dewasa. Di usia ini, tidak sedikit dari mereka yang salah dalam memilih teman, sehingga membuat remaja terjerumus pada jalan keburukan.

Saat orang tua mengetahui anaknya bergaul dengan orang-orang yang membawa pengaruh buruk, tentu hal ini bisa membuat Anda sebagai orang tua khawatir. Nah untuk menghadapinya, Anda harus berhati-hati. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang mulai dekat dengan teman yang tidak baik?.

Berikut empat hal yang perlu dilakukan orang tua:

Hindari Mengatakan “Mama tidak Suka Teman Kamu”
Alih-alih mengatakan Anda tidak menyukai teman-temannya, lebih baik sampaikan dengan memberikan contoh perilaku. Seperti perilaku salah satu temannya yang tidak baik di mata masyarakat, misalnya senang membuat keributan.

Batasi
Batasi pergaulan anak Anda dari teman-teman yang buruk. Tapi jangan sampai Anda terlihat seperti memilih-milihkan teman untuknya, karena dia justru bisa memberontak. Anda tidak bisa memilih teman untuknya, tetapi Anda bisa meminta pertanggungjawabannya. Katakan padanya jika teman-temannya mendapat masalah, dia juga akan terkena akibatnya meski tidak ikut melakukannya.

Diskusi
Katakan pada anak bahwa Anda memberi kebebasan padanya untuk memilih teman selama masih berada di zona yang bisa Anda terima, artinya dia tidak membawa pengaruh buruk. Dia akan lebih menghargai jika Anda mengatakannya demikian.

Beri Waktu
Terkadang orang tua memaksa agar anaknya tidak berhubungan dengan orang yang tidak dia sukai. Padahal, anak remaja cenderung memberontak dan justru akan mendekati teman-teman yang Anda tolak jika Anda memaksanya.

Sebaliknya, beri dia waktu untuk menyadari bahwa temannya memang hanya membawa pengaruh buruk. Tetapi jangan lupa untuk tetap mengawasinya. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.