Anak Rewel Saat Bangun Pagi? Ini Cara Mengatasinya!

Avatar of PortalMadura.Com
Anak Rewel Saat Bangun Pagi? Ini Cara Mengatasinya!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tentunya Bukan hal yang mudah bagi sebagian orang tua untuk membangunkan -anaknya di pagi hari. Selain bujukan, biasanya banyak orang tua yang merasa gemas atau kesal karena anak tidak kunjung beranjak dari tempat tidur menuju kamar mandi.

Bahkan, yang sering terjadi ialah anak menjadi malas bangun ataupun menjadi rewel.  Berikut ini beberapa cara untuk membangunkan anak di pagi hari.

Mengajak Anak Memasang Alarm
Sebelum tidur, ajaklah si kecil untuk mengatur alarm jam wekernya sendiri. Supaya menarik, Bunda bisa memberinya jam weker dengan karakter kartun kesukaan si kecil. Dengan demikian anak akan belajar mandiri untuk bangun sendiri setelah alarm berbunyi, dan akan menjadi terbiasa jika dilakukan secara terus-menerus.

Berikan Sugesti Sebelum Tidur
Orang tua bisa memberi sugesti pada si kecil saat anak akan tidur. Kondisi yang paling baik untuk memberi sugesti adalah saat proses peralihan sadar ke tidur. Bisikkan sugesti bahwa ia besok harus bangun jam enam. Dengan adanya sugesti, alam bawah sadar anak akan memicu tubuhnya untuk bangun di jam 6. Lakukan hal ini secara berulang-ulang.

Menghilangkan Rasa Nyaman
Nyaman di tempat tidur juga bisa menjadi alasan untuk si kecil malas untuk bangun. Bunda bisa menghilangkan rasa nyaman itu dengan membuka jendela kamarnya, mematikan AC atau kipas angin atau menyalakan lampu kamarnya. Bisa juga dengan menggoncang tubuhnya supaya si kecil merasa terganggu dan otomatis menjadi bangun.

Perlihatkan Konsekuensi
Saat si kecil masih rewel bangun, sesekali bisa memperlihatkan padanya konsekuensi jika terlambat . Misal dengan terlambat ke sekolah, sehingga untuk masuk kelasnya dia tidak bisa semudah biasanya dan harus minta ijin dahulu pada guru. Dengan demikian si kecil akan memahami apa konsekuensi yang diterimanya jika terlambat bangun pagi

Memperhatikan Pola Tidur Anak
Aturlah pola tidur anak, jangan sampai terlalu malam. Kurang tidurpun akan membuatnya uring-uringan saat bangun pagi. Total waktu ideal yang diperlukan anak untuk tidur adalah delapan sampai sembilan jam dalam sehari.(fimela.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.