Anak Sering Tidur Terlalu Malam? Yuk, Atasi dengan Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Anak Sering Tidur Terlalu Malam? Yuk, Atasi dengan Cara Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidur menjadi waktu istirahat yang berkualitas bagi setiap orang. Tidak hanya orang dewasa, seorang anakpun juga membutuhkan waktu yang cukup untuk itu. Tapi, tidak sedikit anak yang mengalami susah tidur.

Akibatnya, jam tidurnya terlalu lama dan tidak wajar. Padahal tidur malam sangat penting untuk masa pertumbuhannya. Selain bisa beristirahat, sel-sel tubuh juga berkembang dan memperbaiki diri ketika si kecil tidur pada malam hari.

Tahukah Anda kenapa malam?. Biasanya, si kecil mengalami kesulitan tidur malam karena beberapa hal berikut:

Si Kecil Kelebihan Energi
Anak dengan kelebihan energi biasanya memiliki fisik yang kuat dan keinginan yang kuat untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Tanpa disadari energi itu membuat si kecil berusaha untuk terjaga agar tidak kehilangan kesempatan bereksplorasi sehingga si kecil tidak merasakan kantuk walaupun sudah larut malam.

Merasa Takut
Beberapa anak merasa ketakutan ketika ditinggal oleh orang tuanya saat tidur. Si kecil yang merasa cemas dan khawatir akan membuatnya sulit tidur.

Terlalu Lama Tidur Siang
Jam tidur siang yang terlalu lama juga bisa menyebabkan si kecil , karena belum mengantuk dan masih menyimpan banyak energi.

Terlalu Banyak Makan yang Mengandung Kafein
Hindari si kecil untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Untuk menggantikannya, Anda bisa memberikan minuman bernutrisi tinggi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi si kecil yang sering tidur terlalu malam?. Yuk, moms ikuti cara berikut ini:

Batasi Tidur Siang si Kecil
Cukup 1-2 jam saja. Jika si Kecil sudah tidur selama lebih dari 3 jam, Anda bisa membangunkan perlahan-lahan. Agar ia mudah tidur malam dan suasana hatinya tetap terjaga.

Batasi Aktivitas Menonton si Kecil
Awasi dan batasi aktivitas si kecil seperti menonton televisi untuk mencegah si kecil tidur terlalu malam.

Perbanyak Waktu Bersama si Kecil
Yang terakhir adalah memperbanyak waktu bersama si kecil, agar dia tidak merasa takut ditinggal ketika tidur. Kebersamaan akan membuatnya lebih percaya dan tetap tenang saat tidur. Sehingga, ia akan relaks dan tidur tepat waktu.

Itulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi masalah si kecil yang sering tidur terlalu malam. Semoga bermanfaat ya, Moms. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.