Anak Suka Pelihara Binatang? Ini 5 Manfaatnya, Moms

Avatar of PortalMadura.Com
Anak Suka Pelihara Binatang? Ini 5 Manfaatnya, Moms
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada beberapa binatang yang sangat disukai -anak karena lucu dan menggemaskan. Selain itu juga binatang-binatang mudah untuk dipelihara. Namun, memelihara binatang sebenarnya susah-susah gampang. Butuh ketelatenan dan keseriusan agar binatang ini terurus dengan baik.

Bagi anak, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari memelihara bintang di rumah. Apa saja?. Berikut penjelasannya:

Bisa Meningkatkan Percaya Diri
American Academy of Child and Adoloscent Psychiatry (AACAP) menuturkan salah satu manfaat memelihara binatang bagi anak yaitu meningkatkan percaya diri dan harga diri anak. Kenapa bisa begitu ya?

Karena ada makhluk yang sedikit bergantung pada si kecil dalam urusan makan, minum, dan lainnya. Saat dipercaya mengurus sesuatu, maka anak akan lebih mantap dalam berperilaku. Itu makanya percaya diri dan harga dirinya bisa meningkat.

Apalagi jika hewan peliharaannya dipuji orang lain karena gemuk atau karena bagus. Wah, pasti si kecil senang karena usahanya dihargai.

Mengembangkan Empati
Ketika memelihara binatang, anak mengembangkan hubungan positif dengan si binatangnya. Nah, hubungan yang positif dengan binatang peliharaan bisa membantu mengembangkan kepercayaan saat anak berhubungan dengan orang lain.

“Hubungan yang baik dengan binatang peliharaan juga membantu mengembangkan komunikasi non-verbal, kasih sayang, dan empati,” terang AACAP dalam situsnya.

Dr Gail Gross, pakar di bidang perilaku manusia, parenting, dan pendidikan bilang dengan memelihara binatang anak jadi belajar membaca kebutuhan peliharaannya. Jadi saat binatangnya gelisah, mungkin tandanya lapar atau ingin bermain. Di sinilah empati diasah.

“Lebih dari itu, empati adalah satu keterampilan yang dapat diajarkan dan keterampilan yang sering kurang dimiliki oleh para pelaku bullying,” ujar Gail, dikutip dari Huffington Post.

Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak
Dengan memelihara binatang, kemampuan motorik anak juga bisa ikut berkembang, demikian pula dengan aktivitasnya secara keseluruhan. Bermanfaat banget kan, Bun.

Sebuah studi tahun 2010 menunjukkan anak-anak di Inggris yang punya anjing, rata-rata berolahraga 11 menit lebih banyak setiap harinya dibandingkan anak yang tidak punya anjing. Mungkin karena anak-anak yang punya anjing harus mengajak anjingnya jalan-jalan ya, Bun.

Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Belajar
Ada penelitian di tahun 2011 yang mengaitkan memelihara binatang dengan prestasi di sekolah. Jadi anak yang membaca dengan suara keras untuk anjingnya disebut memiliki kemampuan membaca yang lebih baik ketimbang anak yang membaca dengan suara keras untuk orang dewasa.

Kenapa bisa begitu? Mungkin karena saat membaca keras untuk anjingnya, anak tidak stres. Soalnya anjing pasti akan diam saja saat anak membaca. Tidak ada penghakiman yang mungkin justru lebih sering dilakukan oleh orang dewasa.

Dengan punya binatang peliharaan, anak juga jadi belajar untuk tahu lebih banyak tentang hewan secara umum. Misalnya tentang reproduksi, tentang penyakit binatang, makanan binatang, dan sebagainya yang terkait dengan sains.

Lebih Sehat
Ada lagi nih studi di 2012 yang dilakukan American Academy of Pediatrics dan menemukan bahwa anak-anak yang memiliki kontak dengan kucing dan anjing umumnya lebih sehat. Anak-anak ini disebut mengalami lebih sedikit infeksi pernapasan dan infeksi telinga daripada anak-anak yang tidak memiliki hewan peliharaan. Demikian dikutip dari She Knows.

Studi lain juga menemukan bahwa anak yang tinggal di rumah dengan hewan peliharaan lebih jarang pilek dan mengalami infeksi telinga selama tahun pertama kehidupan mereka lho. Hal ini jika dibandingkan dengan anak yang tinggal di rumah tanpa hewan peliharaan. (haibunda.com/Desy )

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.