Anak Tak Mau Dengarkan Perkataan Orang Tua? Mungkin Ini 7 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Anak Tak Mau Dengarkan Perkataan Orang Tua? Mungkin Ini 7 Penyebabnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua akan merasa sedih jika menolak atau tidak mau mendengarkan apa yang diminta. Karena harapan orang tua pasti ingin sang anak menjadi penurut, menuruti apa yang menjadi keinginannya selama hal itu baik bagi anak.

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus paham mengenai beberapa hal yang membuat anak tidak menuruti kata orang tua. Lantas apa saja? Berikut ulasannya:

Komunikasi Buruk
Apabila anak tidak mendengarkan orang tuanya, ada kemungkinan ortu tidak berkomunikasi secara efektif. Salah satu kesalahan terbesar ortu yaitu hanya meminta anak sesuatu tanpa ada penjelasan mengapa anak harus melalukan hal tersebut.

Memberi Instruksi yang Membingungkan
Kemampuan berpikir anak masih berkembang. Jadi, ketika dia mendapat instruksi terlalu banyak yang ada si kecil bingung. Alih-alih mendengar perkataan Bunda anak memilih mengabaikannya. Coba beri instruksi anak satu per satu dan beri penjelasan secara perlahan supaya anak mau nurut.

Apa yang Dilakukan Tak Sesuai Usia
Satu kesalahan yang sering dilupakan orang tua yaitu kadang mereka meminta anak melakukan sesuatu yang memang belum sesuai dengan kemampuannya. Jika begitu, wajar jika anak tidak mau nurut.

Kurang Bersenang-senang
Saat bermain, anak-anak belajar bagaimana terhubung dan berkomunikasi. Ketika anak tidak mendapat kesempatan bermain, mereka jadi kurang happy, mood-nya kurang baik dan salah satu akibatnya, anak bisa tidak nurut pada orang tua.

Baca Juga: Orang Tua, Ini 5 Perlakuan Anda yang Bisa Sakiti Anak Seumur Hidup

Tidak Ada Kontrol
Kurangnya kontrol menjadi satu alasan utama mengapa anak-anak menolak untuk mendengarkan permintaan orang tua mereka, karena mereka merasa tidak berdaya.

Kurang Koneksi
Dalam berkomunikasi Bunda tidak hanya harus menyampaikan niat, tetapi juga koneksi dengan anak. Semakin mereka merasa terhubung dengan Bunda, semakin besar kemungkinan mereka mendengarkan.

Kurangnya Empati dan Pengertian
Agar anak mau mendengarkan orang tua, coba jadi teman anak, Bun. Salah satunya dengan berempati pada mereka. Ajak mereka ngobrol sehingga hubungan Anda dan anak lebih dekat dan tumbuh pengertian, Bun.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.