Anda Harus Tahu Kenapa Hari Guru Diperingati 25 November

Avatar of PortalMadura.com
Anda Harus Tahu Kenapa Hari Guru Diperingati 25 November
Ilustrasi (quipper.com)

PortalMadura.Com – Setiap tanggal seluruh Instansi pendidikan memeringati hari guru. Tahukah Anda kenapa hari guru ditetapkan pada tanggal 25 November?

Dilansir dari Suara.Com, Selasa (16/3/2021) inilah alasan kenapa hari guru di tetapkan pada tanggal 25 November:

erat sekali kaitannya dengan organisasi yang diawali oleh terbentuknya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912. Pada tahun 1932, PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Setelah kemerdekaan, para pendidik Indonesia melahirkan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta yang didatangi oleh para guru, pegawai pendidikan dan lahirlah PGRI. Kemudian, pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan hari lahir PGRI yakni 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahun.

Hari Guru di anggap sebagai salah satu hari penting yang perlu diperingati, selain karena guru memang orang yang sangat berjasa, guru juga merupakan sosok yang paling banyak berkontribusi dalam kemajuan bangsa sebagai pembentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

Sebenarnya antara hari guru dan hari lahir PGRI merupakan satu hal yang sebenarnya bersamaan. Jika pertanyaannya mengapa hari lahir PGRI yang menjadi hari guru, jawabannya karena PGRI merupakan persatuan guru pertama yang ada di Indonesia.

Nah, sudah tahukan? semoga dapat menambah wawasan Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.