oleh

Anda Sering Sibuk? Yuk Ikuti Cara Tidur Cepat Ini Agar Tetap Sehat

PortalMadura.Com – Memiliki rutinitas yang padat setiap harinya biasanya tidak mempunyai banyak waktu untuk tidur. Apalagi menderita insomnia, tidur yang berkualitas pasti menjadi impiannya.

Kedua hal itu pada intinya menginginkan istirahat yang cukup. Namun terkadang, saat waktu tidur telah tiba tapi justru mata sulit sekali terpejam. Rasanya pasti sangat kesal dan ingin segera melakukan sesuatu yang bisa bikin cepat tidur. Tidak hanya itu, masalah tidur ini juga akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?. Nah, Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada tips tidur cepat 30 detik yang berkualitas tapi tetap sehat. Yuk simak:

Pelajari Teknik Pernafasan
Seiring waktu ke waktu, praktisi kesehatan mulai mencari cara terbaik dan tercepat untuk mengatasi permasalahan sulit tidur. Salah satu dokter lulusan Harvard bernama Andrew Weil menciptakan teknik pernafasan yang dinamakan metode 4-7-8. Menurutnya, teknik pernafasan ini sangat efektif untuk diterapkan ketika kita sulit tidur atau terbangun tengah malam. Satu hal yang penting adalah teknik ini sebaiknya dilakukan ketika kita sudah siap di tempat tidur.

Teknik pernafasan 4-7-8 dimulai dengan mengambil nafas melalui hidung selama 4 detik, lalu tahan nafas selama 7 detik, selanjutnya keluarkan nafas secara perlahan melalui mulut selama 8 detik. Cara ini dapat Anda ulangi sampai rasa kantuk mulai datang. Ketika melakukan tips tidur cepat 30 detik ini usahakan tidak dalam kondisi terburu-buru. Rebahkan tubuh secara rileks dan hitung setiap langkah pernafasan ini dengan tenang. Metode ini akan membuat oksigen mengalir ke seluruh tubuh dengan lancar sehingga tubuh dan pikiran akan menjadi tenang.

Metode ini bukan hanya ditujukan untuk tidur malam saja, tetapi juga ketika tidur siang. Bahkan, metode pernafasan ini juga digunakan untuk olahraga yoga. Mandi air hangat juga merupakan salah satu cara menghilangkan rasa gelisah, cemas, panik, dan stres. Mulai sekarang cobalah berlatih metode ini secara kontinu. Ini akan mempermudah Anda ketika nantinya mengalami sulit tidur. Walau tergolong unik, metode ini kini mulai diterapkan oleh banyak orang.

Mandi Air Hangat
Tips tidur cepat 30 detik selanjutnya adalah mandi air hangat. Mandi di malam hari menggunakan air hangat akan membuat badan terasa rileks. Selain itu, terapi air hangat juga membuat badan akan terasa bersih dan tidak lengket. Otot-otot tubuh akan menjadi kendur sehingga posisi rileks akan segera diperoleh.

Ketika tubuh sudah terasa rileks, nyaman, dan segar maka otak akan segera mengirimkan sinyal untuk beristirahat. Dan pada saat inilah Anda sebaiknya segera merebahkan diri di tempat tidur. Setelah itu dijamin Anda pasti akan segera terlelap.

Loading...

Minum Susu Hangat
Apakah Anda penyuka susu?. Jika ya maka ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat Anda cepat tertidur. Minuman hangat terutama susu bisa membuat Anda semakin cepat untuk tertidur. Jika Anda takut gemuk jika mengkonsumsi susu sebelum tidur, maka Anda bisa memilih susu rendah lemak.

Konsumsi susu juga bisa menjadi alternatif pengganjal rasa lapar. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan berat seselum tidur. Karena hal ini akan menyebabkan Anda lebih cepat gemuk.

Redupkan Lampu Kamar
Beberapa orang terbiasa tidur dengan lampu menyala, namun beberapa orang justru terbiasa tidur dalam kondisi gelap. Jika Anda merasa susah tidur, cobalah untuk membuat kondisi di sekitar Anda menjadi lebih redup. Jika memang Anda tidak suka gelap, cobalah untuk menggunakan lampu tidur. Kondisi redup biasanya akan membuat orang di sekitarnya lebih cepat mengantuk.

Hentikan Aktivitas Bermain Gagdet
Sekarang ini, hampir setiap orang tergantung dengan gadget-nya. Bangun tidur yang dicari pertama kali adalah gadget. Begitu juga ketika akan tidur, tidak lupa memegang gadget terlebih dahulu. Hal inilah yang menyebabkan seseorang susah untuk tidur. Cobalah untuk menyimpan gadget Anda di waktu semestinya Anda tertidur. Kondisi badan yang kurang tidur pastinya akan mengganggu aktivitas selanjutnya.

Pijat di Titik-titik Kantuk
Pijit di area tertentu penyebab munculnya rasa kantuk. Anda bisa melakukan pijit ini sendiri atau meminta bantuan kepada pasangan atau saudara Anda. Ada beberapa titik di tubuh yang dapat menyebabkan rasa kantuk ini cepat datang. Titik-titik kantuk tersebut antara lain di antara alis, serta area di antara jempol dan telunjuk kaki kanan.

Hindari Minuman Mengandung Kafein
Minuman berkafein seperti kopi akan membuat peminumnya lebih mudah terjaga. Itulah mengapa bagi mereka yang ingin begadang selalu menyiapkan kopi sebagai teman terjaga mereka. Jika Anda berencana tidur cepat di malam hari, jangan coba-coba untuk minum kopi di sore hari. Efek minum minuman yang mengandung kafein di sore hari akan membuat Anda terjaga di malam hari.

Nikmati Musik dengan Irama Pelan
Ada banyak pengaruh musik terhadap otak. Mendengarkan musik dengan ritme yang lembut dan diatur dalam volume pelan akan membuat rasa kantuk Anda cepat datang. Cara ini akan efektif jika Anda cukup mendengarkannya saja, tanpa melakukan aktivitas lainnya. Jika Anda mendengarkan musik berirama pelan ini namun sambil bermain gadget tentunya cara ini tidak akan efektif.

Itulah beberapa tips tidur cepat 30 detik yang terbukti efektif untuk membuat Anda cepat tertidur pulas. Semoga bermanfaat dan berhasil untuk segera tidur malam. (halosehat.com/Putri)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar