oleh

Anda Tak Sempat Olahraga? Yuk, Lakukan 7 Aktivitas Fisik Sederhana Ini

PortalMadura.Com – Melakukan aktivitas fisik selama kurang lebih 30 menit dalam sehari dipercaya dapat menjaga kesehatan seseorang. Sayangnya, kebanyakan orang merasa kesulitan untuk memasukkan kegiatan tersebut dalam rutinitas harian mereka.

Kendati demikian, ada beberapa cara sederhana untuk “menyelipkan” sedikit aktivitas fisik di tengah padatnya rutinitas Anda. Hal ini bertujuan agar Anda tetap bisa menjaga kesehatan tubuh Anda.

Berikut tujuh aktivitas fisik sederhana yang bisa Anda lakukan saat tidak sempat berolahraga:

Berjalan Sebelum Naik Transportasi Publik
Jika menghabiskan waktu menggunakan angkutan umum untuk pergi dan pulang kerja seperti kereta api atau bus, kemungkinan Anda menghabiskan beberapa menit menunggu untuk berpindah dari satu transportasi ke yang lainnya, atau bosan saat terjebak macet.

Manfaatkan hal ini dengan aktivitas fisik yang bisa mencegah kebosanan. Cobalah turun beberapa pemberhentian lebih awal dari yang direncanakan, kemudian berjalan sampai ke tujuan.

Naik Tangga
Jika Anda bekerja di bangunan yang lebih dari satu lantai, cobalah menaiki tangga untuk meningkatkan aktivitas fisik meskipun hanya satu lantai. Kebiasaan ini awalnya memang melelahkan, namun jika dilakukan teratur, kaki akan menjadi kuat dan meningkatkan pernapasan. Jika belum terbiasa, mulailah dengan perlahan dan jangan paksakan diri.

Naik Sepeda
Jika Anda tidak suka menghabiskan waktu dengan berjalan kaki, cobalah gunakan sepeda untuk pergi bekerja. Jangan lupa untuk memakai helm, bantalan siku dan juga lutut untuk mengurangi risiko jika terjatuh. Bersepeda juga mampu meningkatkan keterampilan motorik dan mengurangi tingkat stres juga kolesterol.

Membantu Membersihkan Rumah
Banyak orang yang tidak suka melakukan pekerjaan rumah tangga. Namun, hal tersebut adalah salah satu aktivitas fisik yang baik. Jika malas untuk berjalan kaki, cobalah mengepel, menyapu, bekerja di kebun, atau mengatur dapur.

Bermain
Jika Anda memiliki anak, cucu, saudara, sepupu, atau keponakan yang masih kecil, mereka penuh energi dan sulit berhenti bergerak. Bermainlah dengan mereka. Ini juga memungkinkan orang dewasa untuk mengawasi mereka dan bersantai. Selain itu, bermain dengan anak-anak bisa menciptakan hubungan yang lebih baik. Namun, permainan yang dimaksud bukan bermain gim atau menonton film. Pilihlah yang melibatkan bergerak dan menggunakan energi seperti sepak bola, renang, atau berlarian di taman.

Berjalan Ketika Menelpon
Anda masih bisa beraktivitas fisik sambil menelpon, salah satunya dengan berjalan. Namun, hal tersebut tidak dilakukan di jalan raya. Lakukan itu di ruang tamu dan pastikan tidak ada benda-benda yang mengganggu Anda.

Olahraga Sambil Menonton Televisi
Jika Anda suka menonton televisi namun ingin tetap sehat, lakukanlah olahraga sambil menonton acara favorit. Paling tidak, satu episode serial favorit berdurasi satu jam. Hal tersebut sempurna untuk meningkatkan aktivitas fisik. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan, antara lain menggunakan sepeda statis, yoga, jogging di tempat, atau melakukan olahraga sederhana selama jeda komersial. (liputan6.com/Salimah)


Komentar