Anda Takut Pada Hantu? Ini 7 Tips Menangkalnya

Avatar of PortalMadura.com
Anda Takut Pada Hantu? Ini 7 Tips Menangkalnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tentu pernah merasakan takut. Meskipun rasa takut itu berbeda-beda, seperti takut akan ketinggian, takut tempat gelap, takut sendirian, hingga takut ketemu mantan. Namun diantara semua jenis rasa takut, yang paling umum dirasakan adalah rasa takut pada .

Mungkin dibenak Anda, sosok hantu sangat menyeramkan. Karena ketakutan akan hantu itu biasanya sudah tertanam kuat sejak kecil. Padahal belum tentu, karena Anda belum bertemu secara langsung, hanya sekadar cerita belaka. Bisa jadi sosok hantu tidak seperti yang Anda bayangkan. Apakah Anda termasuk golongan yang ketakutan ketika mendengar istilah tuyul, pocong, kuntilanak, atau semacamnya?.

Nah, ini tujuh cara untuk menangkal rasa takut Anda pada hantu:

Kuntilanak Berambut Panjang dan Suka Ketawa Cekikian, Kalau Tuyul Pasti Botak, Inilah Sosok Hantu yang Anda Bayangkan
Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah meyakinkan diri Anda sendiri, bahwa hantu yang selama ini Anda takutkan hanyalah proyeksi imajinasi Anda sendiri. Setan memang ada, tapi hantu yang biasa Anda bayangkan hanyalah mahluk yang dikonstruksi oleh media di sekitar Anda.

Selanjutnya, Anda bisa meyakinkan sendiri bahwa Anda bisa menghilangkan rasa takut yang sejak kecil mungkin telah ada dalam diri Anda. Berbeda dengan apa yang diperlihatkan dalam film, hantu sebenarnya tidak akan bisa menyentuh Anda.

Mereka semacam mahkluk astral yang keberadaannya memang pantas dipercaya. Jadi, membayangkan hantu sebagai sosok yang lebih bagus mungkin bisa sedikit membantu Anda mengurangi rasa takut Anda.

Rasa Takut Anda Bisa Hilang Secara Perlahan
Rasa takut terkadang timbul ketika Anda sedang berada di tempat-tempat yang gelap. Anda tentu ingat, sejak kecil orang tua atau kakak Anda pasti pernah menakut-nakuti Anda agar menjauhi tempat gelap karena di sanalah tempat hantu berada.
Candaan macam ini bisa jadi terbawa hingga dewasa. Begitu pula, film-film horor yang Anda tonton pun selalu memunculkan hantu dalam kegelapan.

Nah, cara yang paling sederhana dan bisa Anda coba adalah menghindari tempat-tempat gelap. Maksimalkan penerangan misalnya di kamar, dapur, atau kamar mandi rumah Anda. Kalau Anda sering takut berjalan melewati halaman rumah saat malam hari, pastikan halaman depan atau belakang rumah Anda juga cukup lampu.

Suasana Malam Tidak Selalu Menakutkan
Malam sebenarnya tidak selalu menakutkan seperti yang diperlihatkan film “Insidious” atau film horor lainnya. Sering berjalan-jalan menikmati bintang dan terangnya sinar bulan secara otomatis akan mengubah persepsi Anda tentang malam.

Bahkan, Anda boleh dibilang jadi pihak yang paling merugi jika rasa takut menghalangi Anda untuk menikmati keindahan malam. Cara yang paling efektif adalah menghabiskan waktu dengan jalan-jalan atau bersepeda saat malam hari. Jika Anda terlalu takut pergi sendiri, Anda bisa mengajak teman Anda untuk menemani.

Imajinasi Akan Muncul Ketika Sedang Sendiri
Imajinasi akan keberadaan hantu biasanya muncul ketika Anda sedang sendirian. Meski awalnya biasa saja, menyadari kesendirian membuat Anda mulai berpikir macam-macam. Tiba-tiba saja bayangan imaji Batsheba dalam film “The Conjuring” terbesit di kepala. Anda pun akan buru-buru meninggalkan tempat Anda segera karena rasa takut yang sebenarnya tidak berdasar.

Bila Anda memang sering ketakutan ketika sedang sendirian, sebaiknya selalu datangi tempat-tempat yang ramai. Misalnya, menghabiskan waktu dengan lebih banyak berkumpul dengan teman atau keluarga. Mungkin, berbagi cerita pada mereka tentang rasa takut yang Anda rasakan bisa jadi solusi untuk Anda.

Dengungkan Pertanyaan Ini Dalam Kepala “Kenapa Aku Harus Takut, ya? Aku kan Tidak Punya Salah Apa-apa Sama Hantunya?”
Saat rasa takut Anda tiba-tiba muncul, rasa takut semacam itu sebaiknya dengungkan dalam kepala. Pikirkan bahwa hantu pun punya kehidupannya sendiri. Dia tidak akan mengganggu jika Anda tidak berusaha mengusik kehidupan mereka.

Saat Anda merasa takut setelah menonton film horor tentang rumah berhantu, tanyakan pada diri Anda sendiri; apa mungkin hantu itu pun akan muncul di rumah Anda? Belum tentu ‘kan?.

Manusia Adalah Makhluk yang Lebih Sempurna
Percayalah pada kekuatan diri Anda sendiri, bahwa Anda memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang benar. Jangan biarkan rasa takut itu mengganggu, bahkan mengacaukan produktivitas kerja Anda.

Sebagai manusia, Anda layak merasa lebih sempurna daripada makhluk seperti hantu, setan, atau semacamnya. Pikiran-pikiran yang menguatkan diri sendiri akan membantu menangkis rasa takut Anda.

Kalau Rasa Takut Anda Tidak Kunjung Hilang, Seringlah Berteriak dengan Lantang: “Aku Tidak Takut Sama Kalian!”
Jika Anda masih merasa takut, tidak ada pilihan lain selain melawan. Walaupun Anda tidak tahu apa sebenarnya yang harus Anda lawan, coba ucapkan dengan lantang “aku tidak takut hantu” dan berlagaklah seolah Anda tidak takut apapun.

Seiring dengan berjalannya waktu, rasa takut itu tentu akan semakin berkurang. Jangan lupa, perbanyak hafalan doa demi menghilangkan rasa takut Anda sendiri.

Itulah tips yang bisa Anda coba untuk menangkal rasa takut Andau. Jangan sampai rasa takut yang berlebihan justru mengganggu kegiatan Anda sehari-hari, bahkan mengurangi produktivitas kerja Anda sendiri. (hipwee.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.