Anggaran Pilkada Sampang Capai Rp80 Miliar

Avatar of PortalMadura.Com
Penulis: RafiEditor: Hartono
Anggaran Pilkada Sampang Capai Rp80 Miliar

PortalMadura.Com, – Anggaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah () tahun 2024 di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, membutuhkan dana sebesar Rp80,8 miliar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Addy Imansyah menyampaikan, anggaran telah disusun sejak 2020 sampai 2021 dan diserahkan langsung ke pemerintah daerah.

“Besaran anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 80,8 miliar,” katanya menegaskan, Selasa (12/12/2022).

Kebutuhan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) naik secara signifikan dibandingkan dengan Pilkada di Kabupaten Sampang tahun 2018.

“Anggaran penyelenggaraan Pilkada tahun 2018, mencapai sekitar Rp 35 miliar. Memang ada kenaikan cukup signifikan dan kami juga belum membahas rincian anggaran secara global untuk Pilkada 2024,” terangnya.

Anggaran untuk seluruh kebutuhan pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 disusun mengacu terhadap prinsip efisien, efektif dan berbasis kinerja.

Disebutkan, ada beberapa faktor variabel kenaikan anggaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sampang. Meliputi komponen pembiayaan baru, misal Alat Pelindung Diri (APD) untuk pencegahan Virus Corona (Cobid-19), pengecekan atau Protokol Kesehatan (Prokes) serta santunan.

Faktor kedua, ada penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Rancangan setiap TPS membutuhkan logistik yang cukup banyak demi penyelenggaraan musyawarah besar melalui pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Ketiga, karena faktor kenaikan honor untuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan hal lainnya.

“Seluruh faktor kenaikan anggaran untuk menambah pembiayaan disesuaikan dengan skema kebutuhan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.