oleh

Angka Pengangguran Dipastikan Naik, 4 Ribu TKI Pulang ke Sampang

PortalMadura.Com, Sampang Angka pengangguran di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, berpotensi akan terus meningkat. Penyebabnya, ada 4 ribu lebih TKI yang pulang kampung.

Koordinator Fungsi Statistik Sosial, Badan Pusat Statistik (BPS) Sampang, Wahyu Hardiyanto menyampaikan, TKI yang pulang dari luar negeri sangat berpengaruh terhadap kenaikan angka pengangguran.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

“Kami masih belum bisa menghitung dan memastikan berapa jumlah laju kenaikan pengangguran. Karena, kami dalam proses survei,” katanya, Kamis (23/9/2021).

Data TKI asal Sampang yang pulang dari berbagai negara akibat dari Covid-19 mencapai 4.321 dan terhitung sejak 30 April 2021 sampai 15 September 2021.

Pihaknya menyebutkan, angka pengangguran di wilayah Sampang pada tahun 2020 mencapai 3,35 persen. Namun, ada proses rekapitulasi jumlah angkatan kerja maupun angka pengangguran dan partisipasi.

Pada versi umum, lanjut Wahyu, ada perbedaan konsep untuk pengangguran. Yaitu pengangguran terbuka yang melekat terhadap orang berstatus memang tidak bekerja.

“Jika masih membantu pekerjaan orang tua, semisal jualan ataupun lainnya, tentu tidak dianggap sebagai pengangguran terbuka. Karena mereka tetap bekerja untuk memperoleh pendapatan” pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar