Angka Pengangguran Dipastikan Naik, 4 Ribu TKI Pulang ke Sampang

Avatar of PortalMadura.com
Angka Pengangguran Dipastikan Naik, 4 Ribu TKI Pulang ke Sampang
dok. kepulangan TKI asal Sampang (Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang Angka pengangguran di wilayah Kabupaten , Madura, Jawa Timur, berpotensi akan terus meningkat. Penyebabnya, ada 4 ribu lebih TKI yang pulang kampung.

Koordinator Fungsi Statistik Sosial, Badan Pusat Statistik (BPS) Sampang, Wahyu Hardiyanto menyampaikan, TKI yang pulang dari luar negeri sangat berpengaruh terhadap kenaikan angka pengangguran.

“Kami masih belum bisa menghitung dan memastikan berapa jumlah laju kenaikan pengangguran. Karena, kami dalam proses survei,” katanya, Kamis (23/9/2021).

Data TKI asal Sampang yang pulang dari berbagai negara akibat dari Covid-19 mencapai 4.321 dan terhitung sejak 30 April 2021 sampai 15 September 2021.

Pihaknya menyebutkan, angka pengangguran di wilayah Sampang pada tahun 2020 mencapai 3,35 persen. Namun, ada proses rekapitulasi jumlah angkatan kerja maupun angka pengangguran dan partisipasi.

Pada versi umum, lanjut Wahyu, ada perbedaan konsep untuk pengangguran. Yaitu pengangguran terbuka yang melekat terhadap orang berstatus memang tidak bekerja.

“Jika masih membantu pekerjaan orang tua, semisal jualan ataupun lainnya, tentu tidak dianggap sebagai pengangguran terbuka. Karena mereka tetap bekerja untuk memperoleh pendapatan” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.