oleh

Antisipasi Banjir, Sampang Butuh Sungai Baru

PortalMadura.Com, Sampang – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, terus melakukan berbagai upaya guna mengatasi banjir yang kerap melanda di beberapa titik.

Seperti normalisasi dan rencana penyodetan atau pembuatan sungai baru yang akan melewati beberapa desa dan kelurahan. Yakni, Desa Tanggumung, Desa Aeng Sareh, Kelurahan Gunungsekar serta Kelurahan Karangdalam. Penyodetan akan dimulai pada tahun 2018.

Kabid Pengelolaan Sungai, Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sampang, Zaiful Muqaddas memaparkan, pekerjaan itu memang harus secepatnya dilaksanakan. Karena, sudah bertahun-tahun masyarakat Sampang dilanda banjir.

“Kegiatan proyek ini, diprediksi akan mampu menuntaskan atau bisa mengurangi banjir,” katanya, Jumat (10/11/2017).

Sedangkan pekerjaan normalisasi, diakui masih ada terkendala dengan bangunan milik warga. “Andai nanti dalam teguran maupun lewat musyawarah tidak diindahkan, maka kami akan tindak tegas,” ujarnya.

Upaya paksa tersebut merujuk pada PP Nomor 38 tahun 2011, tentang sungai dan Perda nomor 07 tahun 2012, tentang Tata Ruang Perumahan Kabupaten Sampang. “Daerah yang padat kawasan lindung tidak boleh ada bangunan,” tutupnya.(Rafi/Putri)


Komentar