Antisipasi Kegugupan Siswa, SMAN I Sumenep Gelar Simulasi Pra UNSB

Avatar of PortalMadura.Com
Antisipasi Kegugupan Siswa, SMAN I Sumenep Gelar Simulasi Pra UNSB
dok. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

PortalMadura.Com, Sumenep – SMAN I Sumenep, Madura, Jawa Timur sedikitnya dua kali melakukan simulasi atau geladi bersih sebelum mengikuti pelaksanaan berbasis komputer (UNBK). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kegugupan siswa dalam ujian yang sebenarnya.

“Sebelum UN dilaksanakan, kami telah dua kali menggelar geladi bersih UNBK disekolah agar siswa benar-benar pahan cara menggunakan komputer saat UN,” ungkap kepala SMAN I Sumenep, Syamsul Arifin, Senin (4/4/2016).

Menurutnya, selain geladi bersih, sebelumnya juga dilakukan tryout berbasis IT sebanyak 4 kali dan hasilnya, tingkat erornya tidak sampai 1 persen.

“Dan sejak smester ganjil kami laksanakan Bimsus. Jadi tingkat kesiapannya memang kami lakukan sejak jauh sebelumnya,” ucapnya.

Terkait dengan antisipasi jaringan internet dan listrik, pihaknya mengaku sudah bekerja sama dengan PT Telkom dan PLN setempat. Jadi dipastikan tidak akan ada kendala apapun.

“Kalau memang terpaksa harus ada pemadaman listrik, kami pastikan data ujian yang telah dikerjakan siswa tidak akan sampai hilang karena secara otomatis tersimpai dalam sistem IT,” paparnya.

Peserta UNBK di SMAN I Sumenep sebanyak 323 siswa. Selain SMAN I Sumenep, UNBK juga digelar di SMKN I Sumenep dengan peserta didik sebanyak 370 siswa. Sementara, untuk SMA sederajat lainnya di Sumenep masih melaksanakan UN berbasis kertas karena masih belum ada kesiapan. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.