Antisipasi Mobil Mogok, Cek 5 Komponen Ini

Avatar of PortalMadura.com
Antisipasi Mobil Mogok, Cek 5 Komponen Ini
Ilustrasi (Tempo.co)

PortalMadura.Com – Melakukan perjalanan dengan mobil tentunya harus dilakukan dengan mematuhi peraturan lalu lintas, pengecekan komponen kendaraan sebelum berangkat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan atau di tengah jalan.

Oleh karena itu, masalah teknis kendaraan harus diperhatikan secara seksama atau teliti. Karena hal ini menyangkut keselamatan pengemudi dan penumpang. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi mobil bermasalah di tengah jalan. Apa saja?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari laman Atlas Indonesia, berikut ini penjelasannya:

Cek Bahan Bakar

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya mengecek bahan bakar kendaraan. Jangan sampai kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. Karena itu cek indikator bahan bakar.

Cek Kondisi Aki

Pastikan kondisi aki dalam keadaan baik. Pasalnya aki menjadi energi untuk mengaktifkan mesin kendaraan. Problem dari aki biasanya pada kabel yang renggang atau lepas dari terminal aki.

Selain itu, aki yang masa pakainya sudah lewat dapat memicu kinerja mesin jadi kurang optimal.

Cek Sekring

Jika kendaraan dirasa bermasalah di jalan, segera menepi dan memberi tanda darurat. Mulailah dengan mengecek sekring mobil. Periksa apakah ada sekring yang terputus atau tidak. Cukup mudah untuk mengetahui sekring putus.

Lihat pada bagian plastik beningnya, jika kawat di dalamnya masih menyambung, berarti sekring tidak perlu diganti. Namun jika kawat sekring sudah terputus, maka ganti dengan jenis sekring yang memiliki kapasitas sama.

Cek Karburator

Jika kendaraan yang digunakan masih menggunakan karburator, bisa jadi masalah timbul dari komponen ini. Jika karburator bermasalah mengakibatkan kesulitan untuk menghidupkan mesin kendaraan.

Saluran bahan bakar yang tidak berfungsi sempurna akan menghambat proses pembakaran tidak akan akan sempurna dan mesin menjadi sulit dihidupkan.

Overheat

Inilah penyebab kendaraan tiba-tiba mati atau mogok. Mesin yang terlalu panas atau overheat bisa menjadi penyebab mobil mogok.

Umumnya diakibatkan karena air radiator yang kurang atau bahkan habis karena bocor atau lupa diisi. Air radiator berfungsi sebagai pendingin yang berguna menjaga suhu mesin agar tidak mengalami overheat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.