Jangan Berlebihan! Ini 4 Efek Samping Tomat bagi Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Berlebihan! Ini 5 Efek Samping Tomat bagi Kulit
Ilustrasi (Detik.com)

PortalMadura.Com – Tomat merupakan salah satu buah yang bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar dari . Kandungan vitamin C nya dan antioksidannya sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Namun, penggunaan buah tomat tidak boleh berlebihan untuk kulit. Karena efek sampingnya juga bisa berakibat buruk bagi kulit. Lantas, apa saja efek samping buah tomat jika digunakan berlebihan? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com yang dikutip dari medicaldarpan.com, berikut ini penjelasannya:

Dapat Menyebabkan Iritasi

Jika Anda memiliki kepekaan terhadap asam alami, maka menggunakan tomat pada kulit dapat menyebabkan reaksi.

Hal ini biasa terjadi pada pemilik kulit sensitif sehingga akan muncul permasalahan seperti kulit gatal, kemerahan, ruam, dan jenis iritasi lainnya.

Hal ini dapat muncul baik pada saat menggunakan tomat yang berada dalam sebuah produk atau menggunakannya sebagai masker alami.

Iritasi Karena Ruam

Tomat mungkin bisa menjadi makanan yang nikmat apabila dikonsumsi, tetapi hal itu belum tentu disetujui oleh kulit Anda. Karena memiliki jumlah asam yang lebih tinggi, tomat dapat menyebabkan berbagai macam reaksi iritasi, seperti ruam.

Ruam pada kulit tentunya akan sangat mengganggu dan dapat mengakibatkan luka ringan pada kulit.

Selain merasakan ruam dan juga kemerahan, menggunakan tomat pada kulit juga dapat menimbulkan sensasi kulit yang terbakar.

Tomat tidak dapat bekerja dengan baik untuk seseorang yang memiliki kulit reaktif.

Terlebih lagi jika digunakan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran maka sensasi kulit terbakar akan semakin terasa.

Pengelupasan Kulit

Pengelupasan kulit memang bagus karena dapat membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada kulit.

Namun, penggunaan tomat secara berlebihan pada kulit justru akan merusak jaringan kulit.

Nantinya, kulit yang terangkat bukan hanya kulit mati saja, tetapi juga lapisan kulit yang masih baru dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kulit Terasa Gatal

Menggunakan tomat pada kulit juga mungkin memiliki efek samping seperti kulit yang terasa gatal. Hal ini dikarenakan sifat asam yang ada pada tomat terlalu tinggi dan memiliki kekuatan eksfoliasi yang juga tinggi.

Setiap kulit yang rentan terhadap kekeringan tidak dianjurkan untuk menggunakan pasta tomat dengan cara apapun.

Nah, itulah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan tomat sebagai masker atau yang berada di dalam produk perawatan kulit. Hal penting yang harus selalu Anda perhatikan adalah kondisi kulit yang Anda miliki. Apakah cocok menggunakan bahan alami atau tidak.

Tetap waspada ya!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.