oleh

Antrian Panjang Landa Penyeberangan Kalianget-Talango, Warga Sumenep Minta Pemerintah Tak Tutup Mata

PortalMadura.Com, Sumenep – Penyeberangan Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Poteran, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dilanda antrian panjang sejak lima hari terakhir.

Penyebabnya, dari tiga kapal penyeberangan (kapal tongkang) yang biasa melayani penumpang, saat ini hanya satu yang beroperasi yakni KM Safaraz Jaya. Dua kapal tongkang lainnya, KM Karjon dan Serbaguna tidak dapat difungsikan.

Antrian panjang dialami kendaraan roda empat dan didominasi kendaraan pribadi, baik dari Sumenep maupun warga pulau Poteran yang hendak ke daratan Sumenep.

“Kalau sepeda motor masih bisa menggunakan perahu kecil, tapi kalau kendaraan roda empat tidak bisa,” kata salah satu warga asal Desa Poteran, Faisal, Selasa (5/2/2019).

Loading...

Baca Juga : Lebih 24 Jam, Dua Tahanan Rutan Sumenep yang Kabur Belum Tertangkap

Menurut Faisal, antrian panjang sering terjadi, ketika salah satu tongkang atau kapal motor yang melayani penyeberangan tidak beroperasi. Sedangkan warga Pulau Poteran mayoritas telah memiliki mobil pribadi.

“Kendaraan roda empat di Pulau Poteran terus bertanbah dan memang sudah banyak. Ditambah sering tidak beroperasinya kapal tongkang,” ucapnya.

Ia berharap, pemerintah daerah juga memperhatikan terjadinya antrian panjang yang mengganggu kelancaran aktivitas warga pulau Poteran, karena imbasnya pada tersendatnya perekonomian warga.

“Pengelola jasa angkutan jalur laut di rute Kalianget-Talango kurang maksimal, pemerintah harus tegas memberi teguran atau sanksi. Pemerintah jangan tutup mata,” pintanya.


Penulis : Syamsul Arifin
Editor : Agnes Hafilda Kusuma

Komentar