Apa Kabar Perpustakaan Keliling Pada PPKM Level 2

Avatar of PortalMadura.com
Apa Kabar Perpustakaan Keliling Pada PPKM Level 2
Alat transportasi perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep (Taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sudah lama tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19.

Biasanya, perpustakaan keliling yang dikendalikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep itu, selalu “menyapa” warga di sejumlah tempat. Salah satunya di Taman Bunga (TB).

Bagaimana dengan Sumenep yang sudah menyandang PPKM Level 2?. “Kami akan mencoba mengirim surat kepada Satgas Covid-19 terlebih dahulu untuk kegiatan perpustakaan keliling,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep, Ahmad Masuni, Jumat (10/9/2021).

Pihaknya merencakan, perpustakaan keliling yang sudah menjadi program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan menyisir pedesaan serta tempat-tempat umum, seperti Taman Bunga (TB).

Program perpustakaan keliling di TB, kata dia, memang awalnya rutin setiap pekan, dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. “Semoga diizinkan saja oleh Satgas Covid-19,” harapnya.

Diakui, perpustakaan keliling off sejak adanya pandemi Covid-19, yakni terhitung Maret tahun 2020. “Selama itu, buku yang sudah biasa menjadi referensi perpustakaan keliling dirawat dengan baik,” terangnya.

Sedangkan upaya untuk menambah dan meningkatkan minat baca siswa, pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait agar budaya membaca terus ditingkatkan.

“Maka perlu perpustakaan keliling dilakukan kembali. Selain itu, bagi siswa kurang mampu agar dapat menambah referensi bacaan melalui perpustakaan keliling,” tandasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.