oleh

Lakukan 5 Hal Ini Agar Selamat dari Siksa Neraka

PortalMadura.Com – Surga merupakan tempat orang-orang terpilih yang akan dijamin kebahagiaannya di akhirat kelak. Semua umat muslim pasti ingin masuk surga. Oleh karena itu, lakukan banyak hal baik ketika masih di dunia.

Ada beberapa perbuatan yang bisa menyelamatkan manusia dari siksa neraka dan bisa masuk surga. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Percaya Kepada Allah Ta’ala dan Nabi Muhammad

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa bersyahadat ‘Laailaaha Illallah’ dan ‘Muhammad Rasulullah’, Allah mengharamkan neraka baginya.” (HR Al Bukhari Nomor 6938 dan Muslim Nomor 29)

Bersikap Baik Kepada Orang Lain

Allah SWT berfirman: “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS Ali Imron: 159)

Berdoa Setiap Hari

Rasulullah SAW bersabda: “Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ‘Barang siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barang siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR Bukhari Nomor 1145 dan Muslim Nomor 1808)

Beramal

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barang siapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” (HR Bukhari Nomor 1413, 3595, dan Muslim Nomor 1016)

Puasa

Dari Sahl bin Sa’ad, dari Nabi Muhammad SAW, Beliau bersabda: Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut ‘Ar Rayyan’. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, ‘Mana orang yang berpuasa.’ Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya’.” (HR Bukhari Nomor 1896 dan Muslim Nomor 1152)

Wallahu a’lam bishawab.

Komentar