Apa Saja Pertanggungan Asuransi Mobil All Risk? Ketahui di Sini

Penulis: HartonoEditor: Desy Wulandari
Apa Saja Pertanggungan Asuransi Mobil All Ris Ketahui di Sini
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis asuransi mobil yaitu asuransi all risk.

Sebagaimana yang diketahui, bahwasanya asuransi kendaraan terdiri dari dua macam yaitu asuransi all risk dan asurasni TLO atau total loss only.

Keduanya memang sama-sama menjamin kerusakan pada kendaraan, namun dengan jumlah yang tidak sama.

Lantas, bagaimana dengan all risk? Dan apa saja pertanggungan asuransi all risk? Semua akan dibahas pada artikel berikut ini.

Apa Itu Asuransi All Risk?

Sebelum saya menjelaskan apa-apa saja yang menjadi pertanggungan dari asuransi all risk, terlebih dahulu Anda harus tau apa sebenarnya arti dari asuransi all risk itu.

Jadi asuransi all risk adalah asuransi kendaraan yang memberikan jaminan pertanggungan kerugian atau kerusakan secara keseluruhan maupun sebagian pada kendaraan bermotor sesuai dengan apa yang tercantum di dalam polis.

Asuransi ini juga memiliki sebutan lain yaitu asuransi komprehensif. Hal tersebut berlaku baik bagi kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua.

Apa Saja Pertanggungan Asuransi Mobil All Risk

Jika seseorang memiliki mobil dan mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan mobilnya rusak, maka orang tersebut berhak mengajukan klaim asuransi. Salah satunya adalah asuransi mobil all risk.

Sekarang pertanyaannya adalah apa-apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi dalam menanggung kerugian secara all risk?

Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok.

Jika mobil bertabrakan dengan kendaraan lain, mengalami benturan, terbalik, atau terperosok sehingga menyebabkan mobil menjadi rusak, maka mobil tersebut berhak untuk mendapatkan jaminan perlindungan dari asuransi all risk.

Misalnya, Pak Budi membawa mobil pribadinya dan di tengah perjalanan tiba-tiba saja remnya blong sehingga menyebabkan mobilnya terperosok sampai penyok.

Baca Juga:  Perhatikan 4 Hal Ini Saat Pasang Sendiri Alarm Mobil

Nah, Pak Budi ini berhak mengajukan klaim asuransi kendaraan dan biasanya juga bisa mengajukan asuransi kecelakaan diri, tapi kembali lagi bergantung kebijakan perusahaan asuransi yang dipilih Pak Budi.

Pencurian

Jika mobil Anda dicuri oleh orang lain sehingga menyebabkan mobil tersebut hilang entah kemana karena dibawa kabur oleh pencuri, maka Anda berhak mengajukan asuransi mobil all risk. Termasuk juga pencurian yang didahului atau diikuti tindak kekerasan.

Segala bentuk pencurian mobil yang mengakibatkan kerugian bisa ditanggung oleh asuransi all risk. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika mobil Anda dicuri.

Kebakaran

Asuransi mobil all risk juga menanggung kerusakan mobil yang diakibatkan karena kebakaran atau terkena sambaran petir. Dengan catatan bukan dibakar sendiri secara sengaja ya, melainkan dibakar sengaja oleh orang lain untuk merusak mobil tersebut.

Jadi apabila mobil Anda terbakar, jangan buru-buru dibuang dulu karena masih bisa diperbaiki dengan biaya yang sudah ditanggung oleh pihak asuransi. Sehingga pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan biaya sangat besar.

Perbuatan Jahat

Apabila terjadi perbuatan jahat di dalam mobil, misal pencurian, penodongan, pemalakan, dan berbagai tindak kejahatan lainnya sehingga membuat pengendara jadi rugi tahu mobilnya menjadi rusak, maka pemilik mobil berhak untuk mengajukan klaim asuransi.

Baca Juga:  Perhatikan 4 Hal Ini Saat Pasang Sendiri Alarm Mobil

Apakah hanya itu saja? Jawabannya tentu saja tidak. Sebab, masih banyak hal-hal lain yang ditanggung oleh asuransi all risk antara lain yaitu:

  • Sebab-sebab selama penyeberangan laut dengan kapal feri.
  • Kerusakan roda apabila mengakibatkan kerusakan kendaraan akibat kecelakaan.
  • Biaya-biaya penjagaan atau pengangkutan ke bengkel terdekat.
  • Pengecualian di dalam polis asuransi mobil all risk.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa cek asuransi di Lifepal.co.iduntuk mengetahui informasi selengkapnya.

Pengecualian Pertanggungan Asuransi Mobil All Risk

Ada juga pengecualian pertanggungan asuransi kendaraan yang diatur di dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Salah satu pengecualian itu adalah kerusakan atau kerugian mobil yang dipakai untuk kursus menyetir tidak dapat ditanggung oleh asuransi mobil.

Tak hanya itu saja, apabila mobil dicuri oleh anggota keluarga sendiri atau orang yang tinggal serumah juga tidak ditanggung oleh asuransi All Risk.

Jadi sudah tahu kan apa saja pertanggungan asuransi mobil all risk? Pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan sebelum mengajukan klaim asuransi supaya mendapatkan persetujuan dari pihak perusahaan.(*)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.